Cara Mudah Menghapus section break di microsoft word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Di artikel kali ini aku akan coba menguraikan bagaimana cara menghilangkan section break yang terdapat dalam dokumen ms word. tapi sebelum itu aku akan jelaskan sedikit mengenai apa itu section berek di dokumen ms word.

Section break adalah fitur yang terdapat di aplikasi microsoft word yang berfungsi supaya setiap page atau lembar dokumen dalam satu file dokumen ms word mampu kita buat berbeda-beda layoutnya satu sama lain.

Di dalam satu dokumen microsoft word terkadang memiliki lebih dari satu halaman, dan umumnya setiap dokumen akan memiliki layout yang sama satu sama lain, namun untuk beberapa kasus terkadang kita ingin menciptakan beberapa halaman layoutnya ingin dibuat berbeda.

Sebagai pola contohnya membuat orientasi halaman berbeda (sebagian halaman orientasinya portrait dan sebagian lagi orientasinya landscape) atau terkadang juga kita ingin membuat beberapa halaman mempunyai header dan footer sementara halaman lainnya tidak, atau dalam hal penomoran halaman terkadang untuk beberapa dokumen penomoran halaman ingin dibuat berbeda baik format penomorannya maupun tata letaknya.

Untuk membuat hal semacam itu maka fitur aplikasi microsoft word yang mampu kita manfaatkan adalah fitur section break yang terdapat di sajian Page Layout > Breaks > (section break). seakan-akan terlihat pada gambar di bawah ini:

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, untuk membuat halaman berbeda dalam satu dokumen akan sangat praktis, sehingga lebih praktis dan file dokumen wordnya pun tidak perlu dipisah.

Untuk melibatkan section break pada lembar dokumen caranya pun bantu-membantu cukup mudah, namun yang sering menjadi permasalahan adalah, bagaimana jikalau section break yang sudah kita masukan di halaman microsoft word ingin dihapus.

Tentunya microsoft word selain menyediakan kemudahan untuk memasukan section break pada dokumen juga menyediakan fasilitas untuk menghapusnya, namun sayangnya akomodasi untuk menghapus section break tidak disajikan dalam menu khusus, untuk menghapus section break di ms word, ada cara-cara khusus yang harus dilakukan yang tidak banyak orang tahu.

Cara Mudah Menghapus section break di microsoft word 2007, 2010, 2013 dan 2016

 Ada alasan-alasan tertentu kenapa section breaks yang terdapat dalam sebuah dokumen yang sudah dibentuk sebelumnya ingin dihapus, mampu lantaran lembar dokumen ingin dibuat seragam satu sama lain, atau lantaran section break yang disajikan dalam dokumen membuat isi dokumen mencadi awut-awutan, atau muncul halaman kosong lantaran salah page break dan alasan lainnya.

Apapun karena, jika anda ingin menghapus section breaks yang terdapat dalam dokumen ms word, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Cek apakah lembar dokumen mempunyai section breaks.
Untuk mengetahui bahwa dalam dokumen sudah dibentuk section breaks, caranya cukup simpel, double klik saja pada penggalan header salah satu dokumen.

Maka akan kelihatan seolah-olah gambar di bawah ini:

Cara menghapus sections break di word

Jika muncul nama section berbeda untuk setiap lembar halaman seolah-olah gambar di atas, itu artinya pada dokumen sudah dimasukan section breaks.

2. Hapus Section Breaks 
Jika dokumen anda sudah terdapat section breaks dan ingin dihapus, maka langkah-langkah untuk menghapusnya yaitu sebagai berikut:

a. Pilih menu  View > Draft

b. Pada tampilan draft, scroll ke atas dan ke bawah hingga anda mampu melihat tanda garis dengan tulisan

====================Section break (next page)=======================

Seperti gambar di bawah ini:

 Pada dokumen anda mungkin mampu lebih dari satu garis seakan-akan gambar di atas.

 c. Untuk menghapus section break, pilih section break yang ingin dihapus, lalu silahkan arahkan kursor di cuilan paling kiri garis, lalu tekan tombol delete pada keyboard.

 Garis tersebut akan menghilang, dan itu artinya section break untuk halaman yang dimaksud sudah terhapus.

Jika anda ingin menghapus section break yang mungkin ada di halaman lainnya, silahkan lakukan hal yang sama satu persatu.

Oh ya... pembatalan section break dengan cara di atas hanya mampu dihapus satu persatu, saya belum menemukan triknya bagaimana cara menghapus section break secara sekaligus.

Tapi jikalau anda tahu caranya anda mampu menyebarkan  berita di kolom komentar.

Semoga cara menghapus section break di atas bermanfaat untuk anda. selamat mencoba.