Cara menghapus nomor pad halaman cover di microsoft word

Nomor halaman atau page number ialah salah satu hal penting yang harus kita masukan di dalam sebuah dokumen, nomor halaman dapat membantu pembaca menemukan halaman yang ingin dibaca dengan mudah. selain itu nomor halaman juga menjadi tumpuan daftar isi yang dapat membantu pembaca mengenali isi sebuah dokumen.

Di artikel sebelumnya saya pernah menguraikan bagaimana cara menambahkan nomor halaman pada setiap lembar dokumen microsoft word, caranya pun ternyata sangat simpel, karena aplikasi microsoft word sudah menyediakan fiturnya.

Dengan fitur tersebut kita mampu memasukan nomor halaman memilih format nomor halaman yang digunakan (romawi, abc..., 123...dll) juga mampu menentukan letak penomoran, apakah di kepingan atas (kiri, tengah, kanan) atau di pecahan bawah (kiri, tengah, kanan).

Ketika kita menambahkan nomor halaman di microsoft word, maka secara otomatis halaman-halaman yang terdapat di microsoft word akan menampilkan nomor halaman dengan format dan tata letak yang seragam.

Itu lantaran memang secara umum dan secara bawaan prilaku dokumen word memang seakan-akan itu, sehingga tunjangan nomor halaman dapat dilakukan secara praktis dan sekaligus dengan cepat.

Namun kalau diinginkan, nomor halaman dalam satu dokumen mampu saja kita buat berbeda baik format maupun tata letak, atau kita juga mampu menghilangkan nomor halaman pada halaman tertentu saja, seperti contohnya di halaman cover, atau halaman terakhir dokumen yang umumnya tidak memiliki nomor halaman.

Sayangnya pemberikan nomor halaman berbeda di dalam satu dokumen atau abolisi nomor  halaman pada lembar dokumen tertentu di dalam dokumen ms word tidaklah praktis, perlu langkah-langkah khusus.

Untuk anda yang menginginkan penghapusan nomor halaman pada halaman tertentu di microsoft word, namun anda belum tau caranya maka di artikel kali ini saya akan uraikan caranya.

Cara simpel menghapus nomor halaman pada halaman tertentu di microsoft word

Untuk anda yang ingin menghapus nomor halaman di halaman tertentu pada dikumen ms word anda seolah-olah misalnya di halaman cover karya ilmiah anda atau halaman-halaman tertentu yang anda inginkan caranya cukup simpel, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Agar halaman Cover tidak ada Numbernya.

Jika apa yang anda inginkan biar halaman cover pada dokumen anda tidak berisi nomor halaman, maka langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Pastikan anda belum membuat halaman untuk cover dan pastikan juga nomor halaman belum anda tambahkan.

b. Arahkan kursor pada halaman 1, lalu pilih sajian Insert > Cover Page, kemudian pilih desain cover yang mendekati desain cover yang anda inginkan (silahkan modifikasi jikalau diperlukan).

Maka pada dokumen anda akan ditambahkan halaman cover yang akan diletakan pada halaman paling awal.

Lewati langkah b ini jika anda sebelumnya sudah memiliki cover.

c. Klik pada halaman 2 sehabis cover, lalu arahkan cursor mouse di atas paling kiri tulisan, kemudian pilih hidangan page layout > Breaks > Continoues, untuk menciptakan section break



d. Setelah itu double click di penggalan footer atau header halaman 2, kemudian pada menu design yang muncul hilangkan seleksi pada Link to Previus


d. Setelah itu pilih menu Insert > page number, lalu pilih tata letak penomoran yang anda inginkan,
Number pun akan muncul di halaman-halaman selain cover sesuai dengan tata letak yang dipilih.

Setelah page nuber dimasukan, silahkan keluar dari mode edit header footer, dengan cara double click di tengah halaman. atau menekan tombol Close header & Footer di hidangan design.