Cara Mengatur spasi antar kata di word 2007,2010,2013 dan 2016

Istilah Spasi di microsoft word umumnya dikenal sebagai jarak antar karakter atau jarak antar baris baris pada setiap paragraf pada dokumen yang diketik di microsoft word, spasi terkadang perlu di atur dan disesuaikan untuk merapatkan atau merenggangkan tulisan yang kita buat, sehingga tampilan goresan pena sesuai dengan yang kita harapkan.

Untuk urusan spasi sebetulnya secara default microsoft word sendiri akan menyesuaikan spasi antar abjad ketika teks kita dikalan pada dokumen, biasanya jarak spasi atau kerenggangan antar kata akan menyesuaikan dengan format paragraf yang kita tentukan, apakah rata kiri, rata kanan, tengah atau rata kiri-kanan.

Namun jikalau diinginkan jarak spasi bisa kita atur sehingga kerapatan antar abjad dalam setiap kata dan juga kerapatan jarak antar baris dalam setiap paragraf sesuai yang kita inginkan.

Untuk mengatur spasi baik sepasi antar karakter setiap kata dan juga spasi antar baris kalimat dalam paragraf microsoft word menyediakan beberapa opsi yang bisa kita pilih dan sesuaikan.

Cara Mengatur spasi antar kata di word 2007,2010,2013 dan 2016

Untuk mengatur spasi pada dokumen microsoft word ada dua kategori yang bisa kita ubah dan sesuaikan, yaitu mengatur sepasi antar aksara dan mengatur sepasi antara baris kalimat dalam paragraf.

A. Mengatur spasi antar huruf 

Jika anda ingin mengatur spasi guna merenggangkan atau merapatkan jarak setiap aksara dalam setiap kata yang kita saatn di microsoft word secara horizontal maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Jika dokumen sudah lebih dulu diketikan, maka silahkan seleksi dulu teks atau goresan pena yang ingi di atur spasinya.

2. Pilih tab Home / Beranda > klik Peluncur Kotak Dialog Font,


3.  Selanjutnya Klik pada tab Tingkat Lanjut/Advanced. (untuk versi word 2007 klik tab Character spacing), terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:


Kemudian pada opsi space / penspasian, pilih diperluas jikalau spasi ingin kelihatan renggang, atau klik dirapatkan bila spasi ingin kelihatan lebih rapat.

Jika anda ingin mengatur spasi antar abjad sesuai dengan jarak spasi yang anda inginkan, maka ceklis pada ospi Rapatkan, kemudian, isi kotak isiannya dengan angka, kemudian silahakan sesuaikan angkanya sehingga jarak sepasi sesuai dengan yang anda inginkan.

4. Klik tombol OK untuk melihat akibatnya.


 B. Mengatur Spasi antar Kata di ms word

Selain mengatur jarak spasi antara abjad dalam sebuah teks, microsoft word juga menyediakan fitur untuk mengatur spasi antar kata dalam sebuah kalimat secara horizontal, sehingga jarak spasi antar kata dalam sebuah tulisan bisa dirapatkan atau direnggangkan.

Untuk mengatur spasi antara Kata di dalam dokumen ms word, baik ms word 2007, ms word 2010, 2013 maupun ms word 2016, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Pilih teks atau paragraf yang ingin di atur spasi antar kata nya.

2. Pilih tab Home / Beranda > klik Peluncur Kotak Dialog Font,


3. Selanjutnya Klik pada tab Tingkat Lanjut/Advanced. (untuk versi word 2007 klik tab Character spacing), terlihat seperti gambar di bawah ini:

4. Pada Opsi skala, silahkan masukan skala, Lebih kecil dari 100% akan semakin rapat, lebih besar dari 100% akan kelihatan renggang. 100% normal.


C. Mengatur Spasi Antar baris kalimat dalam paragraf

Selain mengatur spasi antara kata/ aksara secara horizontal, ms word juga menyediakan fitur untuk mengatur spasi antar baris dalam paragraf, untuk merapatkan atau merenggangkan baris-baris tulisan dalam paragraf.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih paragraf yang ingin di atur spasinya

2. Pilih menu Home > Klik peluncur kotak obrolan Paragraf

3. Pada opsi line spacing/Spasi baris, silahkan pilih opsi yang tersedia, semakin ke bawah maka spasi akan semakin renggang.


Tutorial di atas mampu anda terapkan untuk beberapa versi microsoft word, terutama microsoft word 2007, 2010, 2013 dan ms word 2016.

cara merapikan spasi antar kata di word, mengatus spasi word 2007, 2010 , 2013