Cara Membuat Judul Table Tampil berulang di setiap halaman MS Word

Di artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara membuat judul table dan judul kolom agar tampil berulang di setiap halaman secara otomatis saat anda menciptakan table lebih dari satu halaman.

Table terkadang diperlukan untuk menyajikan data dalam bentuk tabulasi sehingga kelihatan rapi, umumnya sebuah table terdiri dari baris dan kolom teks, setiap kolom akan memiliki header kolom atau yang disebut dengan judul kolom table dan juga judul table, umumnya teks judul table ditampilkan lebih besar dan tebal sedangkan isi table mempunyai format standar.

Untuk menciptakan table di microsoft word baik itu microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013 maupun ms word 2016, caranya cukup mudah, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan, yaitu cara otomatis dan cara manual, pembuatan table secara otomatis hanya cukup menentukan jumlah baris dan kolom table saja, maka  table akan otomatis muncul, sedangkan pembuatan table secara manual bisa dilakukan dengan memasukan angka untuk jumlah kolom dan barisnya saja.

Ada berbagai metode pembuatan table, namun salah satu metode yang tidak banyak orang tahu yaitu membuat table untuk halaman lebih dari satu, dimana di setiap halaman harus terdapat judul table dan judul kolom table yang harus sama satu sama lain.

Sebenarnya untuk menciptakan table seolah-olah itu bisa dibentuk dengan cara manual, ya tinggal buat saja kolom yang sama untuk setiap halaman, tapi sayangnya pembuatan judul kolom table di setiap halaman seakan-akan itu dirasa kurang praktis,  akan memakan waktu dan tenaga, lantaran anda harus menciptakan judul-judul table dan kolom untuk setiap halaman.

Cara praktis ialah memakai fitur pembuatan judul kolom table otomatis yang disediakan oleh microsoft word, dengan fitur ini anda cukup membuat satu header kolom atau judul kolom table di halaman 1 saja, halaman ke 2 dan seterusnya judul table dan juga dulul kolom-kolom table akan muncul secara otomatis.

Cem buat Judul Kolom table otomatis tampil berulang untuk setiap halaman di micrsofot word

Untuk anda yang kebetulan ingin menciptakan table dalam jumlah baris lebih dari satu halaman dokumen ms word memanjang, dan anda ingin pada setiap halaman judul table dan juga judul kolom table muncul secara otomatis seolah-olah halnya di microsoft excel,  maka langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi microsoft word anda.

2. Buat table sesuai dengan lembar yang anda inginkan, dan atur format judul kolom table  di halaman 1 seolah-olah yang anda inginkan misal seperti gambar di bawah ini:


3. Agar Judul header table muncul juga di halaman 2 dan halaman seterusnya, caranya cukup praktis, seleksi semua judul kolom pada halaman 1, kemudian klik kanan kemudian pilih menu table properties..., seakan-akan terlihat pada gambar di bawah ini:


4. Kemudian pada Jendela table properties pilih tab Row, kemudian centang pada opsi Repeat as header row at the top of each page, seolah-olah terlihat pada gambar di bawah ini:

Kemudian tekan OK.

Maka jadinya akan kelihatan seolah-olah gambar di bawah ini:


Setiap Halaman akan memiliki judul header kolom secara otomatis yang formatnya sama persis dengan format header kolom yang terdapat di halaman 1.

Cara Menambahkan Judul Table di setiap Halaman.


Lalu bagaimana jikalau aku ingin menambahkan judul table di setiap halaman?

Jika anda menginginkan table setiap halaman selain mempunyai judul kolom, juga memiliki judul table, maka langkah-langkah untuk menambahkan judul table supaya muncul juga di setiap halaman yaitu sebagai berikut:

1. Pada header kolom table di halaman 1, klik pada baris header table, pilih menu Layout > kemudian pilih icon insert above

2. Seleksi kolom-kolom pada baris ke 1, lalu pilih sajian Layout > Merge cells untuk menghilangkan garis-garis kolom pada baris tersebut,




3. Hilangkan garis dan buat backgroundnya menjadi putih caranya.

Seleksi baris 1,  kemudian pilih sajian Home > borders > Borders and shading


Pada dialog borders and shading, klik pada icon yang ditandai warna merah untuk menghilangkan garis-garisnya.


Kemudian tekan OK..


4. Ubah background menjadi putih
Caranya seleksi kembali baris nomor 1, kemudian pilih Home > color bg > No Color
 


5. Tulis Judul Table, misal Daftar Nama Siswa

Hasilnya secara otomatis judul table akan muncul di setiap halaman, terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:



Itulah cara menciptakan judul kolom table dan juga judul table semoga muncul di setiap halaman di microsoft word.

Cara di atas berlaku juga untuk versi microsoft word 2007, ms word 2013, 2010 maupun ms word 2016.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.