Cara Print Dokumen MS Word halaman tertentu dan halaman nomor romawi (ms word 2010,2012,2013,2016 )

Print atau mencetak dokumen adalah langkah terakhir yang umumnya dibuat dikala sebuah dokumen yang kita buat di microsoft word tamat dibuat. 

Di microsoft word sendiri baik itu microsoft word  lawas maupun microsoft word versi terbaru seperti ms word 2010, microsoft word 2012, ms word 2013 dan ms word 2016, untuk mencetak dokumen sebetulnya sangatlah mudah, cukup hanya dengan beberapa langkah saja, pencetakan dokumen pun mampu dilakukan.

Tapi walaupun mudah akungnya tidak semua pengguna tau bagaimana mencetak dokumen di ms word, terutma jikalau yang dicetak halaman-halaman tertentu saja, atau dikala pengguna ingin mencetak halaman dengan format penomoran angka romawi.

Hal tersebut sering ditemukan untuk permasalahan print dokumen karya ilmiah seakan-akan skripsi, makalah atau thesis, mereka umumnya melakukan pencetakan dokumen hanya untuk halaman tertentu saja.

Tentunya untuk mencetak halaman tertentu di microsoft word bahwasanya sangatlah mudah, namun lantaran mungkin jarang dipakai banyak pengguna yang lupa atau bahkan tidak tau caranya.

Oleh karena itu melalui artikel kali ini aya akan coba menguraikan bagaimana cara mencetak atau print dokumen ms word untuk halaman tertentu, atau untuk halaman-halaman dengan format penomoran romawi, sehingga dengan adanya artikel ini mampu memberikan petunjuk untuk anda bagaimana cara melakukannya.

Cara Print Dokumen MS Word 2010,2012,2013,2016 (Semua halaman, halaman tertentu dan halaman dengan angka romawi)

Berikut aku uraikan bagaimana cara melakukan pencetakan dokumen (print) di microsoft word, baik microsoft word 2010, 2012, 2013, 2016.

A. Print Seluruh dokumen ms word

Untuk anda yang ingin mencetak seluruh lembar dokumen ms word yang anda buat maka langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Buka dokumen ms word yang ingin anda print.

b. Pilih sajian File > Print atau tekan saja kombinasi tombol keyboard CTRL+P, maka anda akan masuk ke halaman pengaturan print.

c. Pada halaman pengaturan, silahkan pilih :

  • Printer, pilih nama printer yang ingin digunakan yang sudah terinstal di komputer, 
  • Settings, pilih opsi Print All Pages, 


Selanjutnya tekan tombol Print.



Semua dokumen pun akan dicetak satu persatu.

B. Mencetak Halaman tertentu saja d ms word

Sedangkan untuk anda yang ingin mencetak lembar halaman tertentu saja pada dokumen ms word anda maka langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. Buka dokumen ms word yang ingin anda print.

b. Pilih sajian File > Print atau tekan saja kombinasi tombol keyboard CTRL+P, maka anda akan masuk ke halaman pengaturan print.

c. Pada halaman pengaturan, silahkan pilih :

  • Printer, pilih nama printer yang ingin dipakai yang sudah terinstal di komputer, 
  • Settings, di potongan Pages :, silahkan anda isikan nomor halaman yang ingin dicetak, misalkan anda ingin mencetak halaman 5 sampai dengna 10, maka anda mampu memasukan goresan pena: 5-10, sedangkan jika yang ingin dicetak halaman acak, misal anda ingin mencetak halaman 5 halaman 9 dan halaman 15, maka cukup ditulis 5,9,15.
  • Selanjutnya tekan tombol Print.


C. Mencetak Halaman dengan Format Nomor Romawi

Adakalanya pada lembar dokumen yang kita buat format penomoran setiap halaman sengaja dibuat berbeda, misalkan beberapa halaman dibuat dengan penomoran romawi dan sebagian lagi dengna format penomoran anga, bahkan mungkin sebagian dibuat dengan format penomoran abc.

Sebenarnya untuk format penomoran apapun, cara print atau mencetak dokumen tersebut tidaklah berbeda, namun acuannya adalah anda harus tau di urutan keberapa halaman yang ingin anda cetak berada.

Jika anda ingin mencetak halaman dengan penomoran romawi, maka anda harus tau nomor urut halaman yang ingin dicetak langkah, langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Buka dokumen ms word yang ingin anda print.

b. Catat page number halaman yang ingin dicetak.
Silahkan anda scroll dokumen anda dan klik pada halaman yang ingin dicetak, lalu silahkan lihat di kepingan pojok kiri, page berapa.


Misal untuk gambar di atas ada tulisan Page 2 Of 2, artinya halaman tersebut yaitu Page 2 atau halaman 2. silahkan catat dan lakukan untuk halaman yang lainnya.

c. Jika nomor urut halaman sudah di catat, selanjutnya pilih menu File > Print atau tekan saja kombinasi tombol keyboard CTRL+P,

Maka anda akan masuk ke halaman pengaturan print.

c. Pada halaman pengaturan, silahkan pilih :

  • Printer, pilih nama printer yang ingin dipakai yang sudah terinstal di komputer, 
  • Settings, pada pilihan Pages :, silahkan anda isikan nomor halaman yang ingin dicetak sesuai dengan yang anda catat di langkah sebelumnya, misalkan  jika yang ingin dicetak halaman 5 halaman 9 dan halaman 15, maka cukup ditulis 5,9,15.



Selanjutnya tekan tombol Print.


Itulah mengenai cara print pada dokumen ms word, baik ketika anda ingin print seluruh dokumen, sebagian dokumen atau halaman tertentu saja atau saat anda ingin mencetak atau print nomor halaman dengan format romawi.

Cara di atas berlaku untuk dokumen ms word versi 2010, 2012, 2013, 2016, biar bermanfaat.