Cara Mudah membuat watermark di ms excel dengan gambar dan nomor halaman

Watermark atau juga sering disebut sebagai cap air atau gambar transparan di microsoft excel merupakan tulisan atau gambar logo dengan warna asemi transparan yang muncul di pecahan belakang teks atau tulisan pada lembar kerja dokumen microsoft excel.

Watermark terkadang perlu ditambahkan, entah itu untuk keperluan menyampaikan menerangkan pada lembar dokumen, mempromosikan merk dengan logo perusahaan, atau untuk memberikan sentuhan seni pada lembar kerja dokumen agar kelihatan lebih yummy dipandang.

Di aplikasi microsoft excel sendiri,baik microsoft excel versi 2007, microsoft excel 2010, ms excel 2013 sudah menyediakan fitur watermark yang mampu dipakai dengan simpel, dengan memanfaatkan fitur tersebut anda bisa memasukan watermark dalam bentuk goresan pena maupun dalam bentuk gambar atau logo perusahaan.

Walaupun untuk menambahkan watermark di lembar kerja excel terbilang cukup simpel, ternyata masih banyak pengguna microsoft excel, terutama pengguna yang masih pemula yang masih galau menambahkan watermark pada dokumen excel yang dibuatnya.

Bahkan walaupun sebelumnya pernah menciptakan watermark, karena sudah usang tidak pernah digunakan lagi mereka lupa lagi cara membuatnya,  ditambah lagi penggunaan fitur-fitur di microsoft excel terkadang sedikit berubah seiring dengan di releasenya versi microsoft excel terbaru.

Untuk menyampaikan isu komplemen kepada pengguna microsoft excel, di artikel kali ini aku akan coba uraikan bagaimana cara menciptakan atau menambahkan watermark di lembar kerjaa microsoft excel versi 2013 dan 2016, baik watermark dalam bentuk gambar atau logo perusahaan atau organisasi maupun watermar dalam bentuk tulisan nomor halaman atau tulisan DRAFT, Confidental dengan arah diagonal.

Cara Praktis menciptakan watermark di ms excel dengan gambar dan nomor halaman

Ada 2 jenis watermark yang bisa kita buat di microsoft excel terutama microsoft excel versi terbaru 2013 maupun 2016, yaitu watermark dalam bentuk goresan pena dan juga watermark dalam bentuk gambar.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Watermark tulisan nomor halaman dan teks

Untuk anda yang ingin membuat watermark dalam bentuk tulisan seolah-olah watermark nomor halaman atau goresan pena lainya maka langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Aktifkan dokumen ms excel anda

b. Pilih hidangan insert > Lalu pada group teks, tekan tombol Header & Footer, maka anda akan masuk ke mode header & footer editor, klik pada belahan header seperti telihat pada gambar di bawah ini:



c. Untuk Membuat Watermark dengan page number atau nomor halaman, pilih hidangan desain > Page Number, maka akan muncul goresan pena &[Page], silahkan seleksi tulisan tersebut untuk merubah ukurannya.


d. Ubah Ukurannya dengan cara pilih hidangan Home > pada group font, masukan ukuran tulisan 100, kemudian warna tulisan gray atau debu-abu.


Posisikan kursor sebelum kata & pada tulisan &[Page], kemudian tekan enter beberapa kali semoga posisi tulisan sedikit ke tengah.

Jika sudah final klik dibagian luar, dimana saja biar keluar dari mode edit header.

Watermark dalam bentuk goresan pena nomor halaman akan muncul di belakang goresan pena pada lembar kerja ms excel yang sudah berisi goresan pena.

Hasilnya Akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

cara menciptakan Watermark nomor halaman di excel

Watermark dalam bentuk goresan pena nomor halaman hanya akan kelihatan saat worksheet dalam mode print preview dan mode Page layout.

Dengan cara yang sama anda juga bisa mengetikan tulisan atau teks sesuai dengan yang anda inginkan, caranya ketik saja tulisannya, atau ganti saja teks &[Page] Dengan tulisan yang anda inginkan.

2. Membuat watermark berupa gambar atau logo perusahaan

Untuk membuat watermark atau gambar latar belakang (background) transparan di microsoft excel langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan langkah di atas, sebagai berikut:

a. Siapkan gambar logo / gambar dan simpan di komputer anda

b. Aktifkan dokumen ms excel anda

c. Pilih sajian Insert > Header & footer, kemudian silahkan klik pada serpihan header.

d. Lalu pada tab sajian desain, pilih sajian picture, kemudian  pada pilih from file kemudian klik tulisan browser


e. Kemudian pilih Opsi From a file dan klik tulisan Browser...


Kemudian silahkan pilih gambar atau logo yang ingin anda jadikan watermark atau gambar background transparant.

Maka akan muncul tulisan &[Picture], arahkan kursor sebelum tanda &, kemudian tekan enter beberapa kali biar tulisan &[Picture] posisinya turun ke bawah, agar pisisinya ditengah

Maka jadinya kurang lebih seakan-akan gambar di bawah ini:
Cara menciptakan watermark dengan gambar atau logo di excel



Oh ya, Background watermark di atas hanya bisa anda lihat pada mode Preview atau mode Page Layout.


Cara yang sama anda mampu gunakan untuk menciptakan tulisan diagonal, contohnya tulisan draft atau teks confidental.

Jadi kalau tulisan yang ingin ditampilkan diagonal maka anda tetap harus membuat gambar dengan goresan pena arah diagonal tersebut, lalu masukan sebagai watermark background sesuai dengan langkah-langkah diatas.