Cara merubah ukuran margin dari Inchi ke cm di microsoft word 2007,2010,2013 dan 2016

Ketika aplikasi microsoft word gres diinstal dan pertama kali digunakan, baik microsoft word 2007, ms word 2010, 2013 maupun ms word 2016, maka secara bawaan format ukuran satuan unit  yang digunakan ialah inchi.

Ukuran inchi tersebut bahu-membahu tidak umum dipakai di negara indonesia, sehingga kita akan dibuat galau ketika ingin mengatur dan menentukan hal-hal yang berkaitan dengan ukuran, seolah-olah ketika ingin mengatur margin halaman, atau mengatur ukuran halaman, karena yang diminta oleh aplikasi ms word adalah ukuran dalam format inchi.

Ukuran inchi yang secara bawaan digunakan oleh microsoft word tersebut banyak menyampaikan kesulitan kepada pengguna terutama pengguna indonesia pada ketika pengguna ingin mengatur ukuran margin keretas, atau ukuran keretas, dikarenakan ukuran inchis tidak umum di gunakan di indonesia.

Tapi untungnya format ukuran yang digunakan di microsoft word mampu kita modifikasi untuk diubah sesuaikan sehingga kita mampu menentukan format ukuran yang cocok sesuai dengan yang kita inginkan.

Microsoft word sendiri menyediakan beberapa format ukuran yang mampu kita atur dan kita tetapkan untuk digunakan di aplikasi ms word, yaitu : inches, centimeter, milimiters, picas, dan points.

Pengaturan format ukuran tersebut sebenarnya sangat simpel sekali, namun banyak pengguna yang belum mengatahu caranya, oleh lantaran itu untuk memberikan gosip tambahan, maka di artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara simpel merubah ukuran margin dari inchi ke cm di microsoft word, baik microsoft word 2007, 2010,2013 maupun 2016.

Cara merubah ukuran margin dari Inchi ke cm di microsoft word

Langkah-langkah untuk merubah format ukuran aplikasi microsoft word agar mampu memakai  centimeter adalah sebagai berikut:

1. Buka Words Option dialog di ms word anda

a. Untuk pengguna microsoft word 2007, caranya silahkan tekan tombol ALT + F, kemudian tekan tombol I pada keyboard anda.

b. Sedangkan untuk pengguna ms word versi terbaru yaitu ms word 2010, 2013 atau ms word 2016, untuk memunculkan word options obrolan caranya adalah :

Tekan tombol ALT + F, kemudian menekan tombol T.

Maka akan muncul words options dialog seakan-akan terlihat pada gambar di bawah ini:


2. Ubah Format inchis ke centimeter

Selanjutnya,  ubah format inchis ke centimeter atau CM, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pilih menu advanced di penggalan bilah sisi kiri

b. Pada potongan kanan scroll hingga anda menemukan opsi display.

c. Pada cuilan "show measurement in unit of:, pilih Centimeter

 Terlihat seolah-olah pada gambar di bawah ini:


Dengan merubah format ukuran inchi ke centimeters, maka aplikasi ms word anda untuk hal-hal yang berkaitan dengan ukuran seolah-olah mengatur ukuran margin halaman,  ukuran halaman baik untuk skripsi, makalah atau dokumen lainnya akan memakai ukuran centimeter, shingga anda tidak akan kesulitan ketika menentukan ukuran.

Demikian mengenai Cara merubah ukuran margin dari Inchi ke cm di microsoft word, semoga membantu.