Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word agar bisa diedit

Dokumen pdf pada umumnya banyak digunakan untuk menciptakan dokumen-dokumen online atau e-book yang sering di share di internet, PDF dipilih karena simpel untuk di convert atau ditampilkan oleh pengolah halaman web, pdf lebih kondusif serta ukuran filenya relative kecil.

Walaupun dokumen pdf memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis dokumen lainnya, salah satu kelemahan dokumen pdf secara bawaan yaitu isi dokumen tidak mampu diedit secara eksklusif, tidak seolah-olah halnya microsoft word.

Walaupun isi dokumen pdf tidak bisa diedit bukan berarti memang tidak mampu diedit sama sekali, jika diinginkan sebanarnya mampu, yaitu dengan cara merubah file pdf menjadi dokumen microsoft word, sehingga isi file pdf bisa diedit di dokumen ms word.

Walaupun mengubah file pdf menjadi ms word sangat simpel, ternyata masih banyak pengguna komputer yang belum tahu caranya, oleh lantaran itu di artikel kali ini aku akan coba menguraikan Cara mengubah (Convert) file PDF ke dokumen ms word semoga lebih mudah untuk di edit.

Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word biar mampu diedit

Saat ini ada berbagai tool-tool pihak ke 3 yang mampu digunakan untuk mengconvert file pdf menjadi microsoft word,  baik online maupun offline.

Berikut beberapa tool converter pdf ke word yang mampu anda gunakan untuk mengconvert dokumen pdf anda ke dokumen microsoft word biar bisa diedit:

1. Menggunakan tool Online

Ada banyak tool online yang mampu anda gunakan untuk menkonversi dokumen PDF menjadi dokumen Word beberapa diantaranya yaitu:

a. pdf2doc.com
pdf2doc.com merupakan situs yang dapat membantu melakukan konversi dari file pdf menjadi file microsoft word.


Caranya cukup mudah, anda tinggal membuka situs tersebut, mengupload file pdf anda, lalu mengkonversinya kedalam microsoft word, file microsoft word hasil konversi tinggal anda download saja.

Salah satu kelebihan pdf2doc ialah situs tersebut mampu mengkonversi file pdf lebih dari satu secara sekaligus.

b. smallpdf.com
Situs yang kedua yang bisa anda gunakan untuk mengkonversi file pdf anda menjadi dokumen microsoft word yaitu smallpdf.com.


Kelebihan yang ditawarkan oleh situs smallpdf.com yaitu mampu mengkonversi file pdf yang tersimpan di komputer, di google driver maupun di dropbox.

Jadi untuk anda yang kebetulan punya file pdf yang masih tersimpan secara online seakan-akan di dropbox ataupun di google drive, maka anda mampu mengkonversinya menjadi mivrosoft word dengan kontribusi smallpdf.com ini.

c. Situs converter lainnya.
Anda juga mampu mencoba situs converter lainnya yang dapat membantu anda melaksanakan conversi dari pdf ke word.

Ada berbagai situs converter yang tersedia di internet secara online, silahkan cari saja di google dengan kata kunci pencarian convert pdf to word, maka anda akan menemukan banyak sekali alamat-alamat situs konversi yang siap untuk dipakai secara gratis.

Seperti terlihat pada ilustrasi gambar hasil pencairan google di bawah ini:

2. Menggunakan tool/software Offline

Cara konversi pdf ke word yang paling praktis berdasarkan aku yaitu memakai situs-situs online seolah-olah yang aku jelaskan di atas, lantaran bisa digunakan oleh sistem operasi Mac OS maupun windows, namun bila anda kurang suka, anda pun bekerjsama bsia menggunakan kontribusi software offline.

Ada aneka macam software atau aplikasi offline yang mampu digunakan untuk menkonversi file pdf menjadi dokumen ms word, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Konverter PDF to Word untuk MacOs / Apple
Untuk anda pengguna sistem operasi MacOs atau Apple notebook/laptop anda bisa menggunakan software berikut untuk membantu mengconversi pdf ke word:
  • PDF Element
  • Soda PDF
  • Adobe acrobat DC Pro
Bisa anda dapatkan di situs ini

b. Converter PDF to Word untuk Pengguna Windows
Sedangkan untuk anda pengguna windows yang ingin mengkonversi pdf ke word secara offline memakai software konverter, maka software yang mampu anda gunakan diantaranya:
  •  Foxit Editor
  • Adobe Acrobat DC pro
 Bisa anda cari di internet.

Itulah beberapa cara yang mampu anda gunakan untuk merubah (convert) file pdf menjadi dokumen microsoft word, jadi ada 2 alternatif yang bisa anda pilih mampu menggunakan tool online maupun menggunakan tool offline.

Menurut saya yang paling praktis adalah menggunakan bantuan tool-tool online tanpa harus menginstalnya di komputer anda.