Cara menghapus nomor halaman di ms word pada halaman tertentu

Di artikel sebelumnya saya pernah menjelaskan bagaimana cara menambahkan nomor halaman di microsoft word, caranya tidaklah sulit lantaran fiturnya memang sudah disediakan.

Masih terkait dengan penomoran halaman, di artikel kali ini saya akan mencoba menguraikan bagaimana cara menghapus nomor halaman di software ms word pada halaman tertentu saja, tapi sebelum aku uraikan langkah-langkahnya secara panjang lebar aku akan coba uraikan sedikit mengenai apa itu nomor halaman.

Page number atau nomor halaman di aplikasi ms word yaitu salah satu fitur yang dapat digunakan untuk menambahkan nomor pada setiap halaman dokumen ms word, dikala ini ms word menyediakan aneka macam format penomoran,yang mencakup format penomoran memakai angka 1,2,3...,a,b,c...,i,ii,iii... dan format penomoran lainnya.

Begitu juga untuk posisi penomoran, microsoft word juga menyediakan posisi penomoran di beberapa lokasi, yaitu bahwa (Kiri, tengah dan sebelah kanan) dan atas (kiri, tengah dan kanan).

Dengan tersedianya fitur page number dengan berbagai format penomoran dan juga lokasi penomoran, selain mampu memilih penomoran yang sesuai kebutuhan, pengguna juga bisa menambahkan atau menghapus nomor halaman dengan simpel.



Secara bawaan (default) format penomoran halaman yang dipakai akan digunakan juga oleh seluruh halaman, jadi jikalau kita menambahkan nomor di salah satu halaman dokumen ms word anda, maka seluruh halaman pada dokumen ms word tersebut akan mempunyai format dan lokasi penomoran yang sama.

Walaupun begitu pengguna bahu-membahu mampu saja menciptakan penomoran berbeda untuk setiap halaman jika dibutuhkan, namun caranya sedikit berbeda dan harus menggunakan cara-cara khusus yang tidak banyak orang tau.
Silahkan saja baca: Cara Membuat penomoran berbeda untuk setiap halaman


Begitu juga ketika pengguna ingin menghapus atau menghilangkan nomor halaman hanya untuk halaman tertentu saja, itupun masih bisa dilakukan, namun caranya sedikit berbeda dan jarang sekali digunakan, sehingga tidak heran banyak yang masih belum tau caranya dan atau lupa.

Cara menghapus nomor halaman di ms word pada halaman tertentu

Untuk menghapus sebagian nomor halaman di ms word langkah pertama kita harus melaksanakan page break pada halaman yang ingin dihilangkan nomornya, kemudian menghilangkan opsi link to previous biar halaman tersebut prilakunya tidak ikut-ikutan seakan-akan halaman sebelumnya.

Terakhir kita hapus saja nomor halaman yang terdapat pada halaman tersebut menggunakan opsi hapus page number.

Untuk lebih jelasnya, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Contoh Kasus:

Anggap saja kita mempunyai dokumen ms word dengan 5 page / lembar yang sudah berisi nomor halaman di bagian bawah sebelah kanan, tugas kita ialah  menghapus atau menghilangkan nomor halaman di halaman 2 saja, sehingga yang mempunyai nomor halaman yaitu halaman 1, 3 dan halaman selanjutnya, sementara halaman 2 tidak memiliki nomor halaman

Untuk menyelesaikan kasus di atas, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

Langkah #1:

Klik pada halaman 2 yang ingin kita hilangkan nomornya, arahkan kursor semoga berada diposisi paling atas sebelah kiri awal teks atau goresan pena.

Ilustrasinya kurang lebih mampu di lihat pada gambar di bawah ini



Langkah #2 :

Kemudian pilih sajian Page Layout > Breaks > Continous
Biasanya sih tulisan akan bergeser ke bawah satu spasi, biarkan saja dulu nanti terakhir rapikan lagi.

Langkah #3:

Double klik pada footer halaman 2 supaya masuk ke mode edit footer, jika sudah masuk ke edit footer biasanya akan muncul hidangan desain.

Lalu pada menu desain hilangkan seleksi pada link to previous, kurang lebih seperti gambar di bawah ini:


Langkah #4:

Hapus nomor halaman dengan memilih hidangan insert > page number > remove page number.
Maka nomor halaman di halaman 2,3,4,5 akan terhapus.

Oh ya untuk menghapus nomor halaman jangan menggunakan tombol keyboard delete ya, tapi harus melalui sajian insert > page number > remove page number. ikuti saja cara di atas biar kesannya benar.

Setelah nomor halaman terhapus, keluar dari mode edit header footer dengan cara melaksanakan double klik di tengah halaman, atau dengan cara pilih sajian desain > close Header & Footer.


Sehingga anda akan keluar dari mode edit header footer.

Sampai langkah di atas maka halaman 1 masih mempunyai nomor halaman sedangkan halaman lainnya nomornya akan hilang atau terhapus.

Its ok... lanjutkan saja..

Langkah #5:

Biarkan halaman 2, kini hidanganju halaman halaman 3.

Agar nomor di halaman 3 muncul kembali, maka pada halaman 3 arahkan kursor di atas paling kiri tulisan seolah-olah langkah #1 di atas.



Kemudian pilih hidangan page layout > breaks > continous

Kemudian pada halaman 3 silahkan lakukan double klik di serpihan footer halaman, seperti langkah 3 di atas agar masuk ke mode edit haeader footer.

Pada hidangan desain lalu Hilangkan opsi link to previous

Langkah #6:

Masih dalam mode edit header footer, sesudah seleksi  link to prevous di hilangkan, selanjutnya masukan nomor halaman untuk halaman 3 tersebut, dengan menentukan hidangan Insert > Page Number.> Bottom of page.

Nomor halaman pun akan muncul kembali di halaman 3, 4 dan seterusnya dengan nomor yang muncul yaitu angka 3, 4 dan seterusnya.

Langkah #7:

Atur nomor urut halaman.
Masih dalam mode edit header footer, atur nomor urut halaman, dengan memilih menu Insert >Page Number > Format page number...


Pada dialog page number di opsi start at masukan angka 2 seakan-akan pada gambar di atas, tujuannya supaya dari mulai halaman 3 dan seterusnya mempunyai nomor halaman dengan nomor urut 2,3, dan seterusnya.


Dengan cara di atas, maka 5 halaman pada Dokumen ms word anda akan memiliki nomor halaman berikut:


  • Halaman 1 nomor halaman 1,
  • Halaman 2 Tidak ada nomor halaman (nomor halaman dihilangkan)
  • Halaman 3, 4 dan seterusnya akan mempunyai nomor halaman 2, 3,4 dst...


Cara di atas bisa disesuaikan degan kebutuhan.


Intinya untuk menghilangkan nomor halaman pada halaman tertentu di microsoft word, baik di microsoft word versi 2007, 2010, microsoft word 2013 juga 2016 maka anda harus melaksanakan page break > Continous pada halaman yang ingin dibentuk berbeda, kemudian menghilangkan centang opsi link to previous, supaya halaman tersebut mampu dibuat berbeda prilakunya dengan halaman sebelumnya.

Cara di atas juga berlaku untuk anda yang ingin membuat header dan footer berbeda untuk setiap halaman.