Cara Mengatur jarak spasi ketikan antar huruf dan baris paragraf di microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016

Cara Mengatur jarak spasi ketikan antar huruf dan baris paragraf di microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016 - Aplikasi yang banyak sekali digunakan untuk pembuatan dokumen yang didominasi oleh tulisan dan juga gambar yang paling simpel untuk dipakai tentu saja yaitu microsoft word, salah satu paket aplikasi microsoft office berbasis windows yang ketika ini paling banyak dipakai dan sangat populer di seluruh dunia.

Microsoft word dikala ini banyak dipilih lantaran kemudahan dan kaya akan fitur, hampir semua hal yang berkaitan dengan urusan ketik mengetik dalam pembuatan dokumen sudah disediakan oleh microsoft word.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh microsof word yang cukup bermanfaat ialah fitur untuk mengatur jarak spasi ketikan, baik jarak spasi ketika antar kata maupun jarak spasi ketikan antar baris.

Dengan fitur ini anda mampu mengatur spasi ketikan apakah ingin dibentuk rapat atau renggang. Pengaturan spasi ini terkadang dibutuhkan ketika menciptakan dokumen-dokumen resmi seolah-olah makalah, skripsi ataupun dokumen karya ilmiah lainnya.

Di artikel kali ini saya akan coba uraikan untuk anda bagaimana cara mengatur spasi ketikan di microsoft word, sehingga anda mampu menentukan jarak spasi antar kata dalam satu baris kalimat ataupun jarak spasi antar baris kalimat dalam paragraf.

Microsoft word yang aku gunakan yaitu microsoft word versi 2013, namun untuk anda yang kebetulan menggunakan microsoft word 2007, ms word 2010 maupun ms word 2016 mampu mengikuti langkah ini, lantaran caranya tidak jauh berbeda.

Cara Mengatur jarak spasi ketikan antar kata dan baris di microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016

Ketika aplikasi microsoft word baru pertama kali dipakai maka umumnya ukuran default spasi ketikan yang dipakai yaitu 1 spasi (single), namun bila diinginkan kita bahwasanya masih mampu mengatur jarak spasi menjadi 1,5 atau double ( 2), bahkan selain itu kita juga masih mampu untuk mengatur sendiri jarak spasi yang kita inginkan, sperti 1,3 ,  1,7 ; atau ukuran yang lainnya.

Berikua akan aku uraikan bagaimana mengatur spasi dalam microsoft word, baik spasi antar karakter atau kata, maupun sepasi antara baris dalam paragraf.

A. Mengatur Spasi antar baris kalimat dalam paragraf.

Sedangkan untuk mengatur spasi atau jarak antara baris dalam paragraf langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Seleksi tulisan yang ingin jarang antara barisnya di ubah memakai mouse, atau jikalau ingin menyeleksi semuanya tekan saja tombol CTRL + A.

b. Pilih sajian Home, kemudian pada group paragraf, tekan tombol panah kecil di bawah sebelah kanan.


c. Pada obrolan paragraf kemudian pilih opsi Line Spacing

cara mengatur spasi di ms word

Anda mampu memilih beberapa opsi yang tersedia, diantaranya
  • Singgle
  • 1,5 Lines
  • Double
  • At least
  • Exactly
  • Multipe
Silahkan pilih sesuai dengan yang anda inginkan, lalu lihat risikonya pada tulisan dokumen ms word anda.

Pengaturan ini sering digunakan untuk anda yang sedang menulis karya ilmiah, seolah-olah makalah, skripsi atau thesis, dengan menentukan spasi double.

B. Mengatur spasi antar karakter

Untuk anda yang ingin mengatur spasi antar karakter semoga jarak setiap karakter ketikan mampu diperluas atau dirapatkan, maka langkah-langkahnya adalahs ebagai berikut:

a. Seleksi Tulisan yang ingin diatur spasinya memakai mouse, atau tekan saja  CTRL + A pada keyboard bila semua teks ingin diseleksi.

b. Pilih menu Home, lalu pada group Font, klik panah kecil di sudut kanan bawah,


c. Pada obrolan Font, silahkan klik tab advanced /tingkat lanjut, kemudian pada opsi spacing pilih opsi yang disediakan:

  • Pilih opsi Expanded jikalau menginginkan jarak antar karakter diperluas / diperlebar. kemudian silahkan lihat akibatnya.
Tekan tombol OK kalau simpulan.

Maka alhasil kurang lebih akan kelihatan seperti gambar di bawah ini, jarak antar karakter dalam tulisan menjadi lebih renggang jika dibandingkan dengan spasi normal.