Cara Membuat Watermark (background) di ms word muncul di halaman tertentu saja

Cara Membuat Watermark (background) di ms word muncul di halaman tertentu saja - Watermak di microsoft word ialah sebuah gambar logo atau tulisan dengan warna pudar semi transparant yang berperan sebagai background halaman, fungsi watermark adalah untuk menyampaikan identitas sebuah dokumen, memproteksi dokumen atau sebagai media promosi dari si pembuatnya.

Umunya watermark banyak ditemukan pada karya-karya digital seakan-akan gambar atau foto dengan tujuan biar gambar tersebut tidak praktis untuk digunakan oleh orang lain secara bebas, tapi ketika ini watermark bukan hanya ditemukan pada gambar atau foto saja, juga banyak digunakan pada dokumen karya tulis dengan tujuan yang tidak jauh berbeda.

Di Aplikasi microsoft word sendiri, dari mulai microsoft word versi lawas hingga ms word versi terbaru seolah-olah microsoft word versi 2007, 2010, 2013, dan ms word 2016 untuk menciptakan watermark tidak terlalu sulit, lantaran fiturnya sudah disediakan.

contoh watermark
ilustrasi watermark

Umumnya watermark yang disediakan adalah watermark dalam beberapa jenis format goresan pena, namun tersedia juga opsi custom watermark, dengan custom watermak kita mampu memasukan watermark goresan pena maupun gambar yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Dengan custom watermark, kita mampu membuat goresan pena yang kita inginkan untuk digunakan sebagai watermark, selain itu kita juga mampu memakai gambar untuk watermark  baik gambar yang sudah kita miliki yang tersimpan di komputer, atau gambar yang bisa kita peroleh langsung secara online dari internet.

Ketika kita memasukan watermark pada dokumen ms word, maka secara default atau bawaan watermark akan muncul di setiap page atau halaman dokumen microsoft word tersebut, namun jika diinginkan kita juga mampu mengatur watermark agar muncul di halaman tertentu saja.

Untuk menciptakan watermark biar muncul di halaman tertentu saja di microsoft word, memang sedikit sulit dan harus menggunakan cara-cara khusus, apalagi anda yang gres pertama kali memakai ms word.

Oleh lantaran itu melalui artikel ini saya akan coba uraikan bagaimana cara menciptakan watermarkdi ms word versi 2007, 2010, 2013 atau ms word 2016, baik watermark dalam bentuk gambar maupun goresan pena semoga muncul di halaman terentu saja.

Cara Membuat Watermark (background) di ms word muncul di halaman tertentu saja

Untuk menampilkan watermark pada halaman di microsoft word, namun hanya muncul di halaman tertentu saja yang kita inginkan,  maka anda mampu menggunakan trik berikut:

Anggap saja anda sudah memiliki sebuah dokumen dengan 5 halaman, dan anda bermaksud ingin memunculkan watermark di halaman 3 saja,sedangkan halaman 1,2, 4 dan halaman 5 tanpa watermak.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Lakukan Page Break

Page break digunakan supaya prilaku halaman satu dengan halaman lain pada dokumen ms word mampu dibedakan.

Jika kita ingin memasukan watermark agar muncul di halaman 3, maka lakukan page break untuk halaman sebelumnya dan sesudahnya, yaitu halaman 2 (sebelumnya), halaman 3 (halaman yang ingin dikasih watermark) dan halaman 4 (setelahnya)

Caranya kita mulai dari halaman 2 sebagai berikut:

1. Pada dokumen ms word anda, klik pada halaman 2

2. Kemudian letakan kursor di atas paling kiri goresan pena di halaman 2, lalu pilih hidangan page layout > break > continous

Dengan menentukan sajian tersebut, umumnya baris goresan pena paling atas akan loncat satu spasi ke bawah, jangan khawatir silahkan anda perbaiki lagi posisinya.

3. Double klik pada belahan header halaman untuk halaman nomor 2.
Dengan mendouble klik, maka anda akan masuk ke mode edit header untuk halaman 2 dan akan muncul menu desain

4. Pada menu desain hilangkan seleksi pada opsi Link to previous



Tujuannya adalah semoga halaman 2 tersebut prilakuknya tidak sama dengan halaman sebelumnya.

5. Lalu sesudah opsi Link to previous dihilangkan, silahkan keluar dari mode edit header (caranya double klik saja di tengah halaman atau pilih saja menu desain > close header anda footer)


Jangan lupa, Lakukan juga langkah 1 sampai 5 di atas, untuk halaman 3 dan halaman 4, halaman lainnya biarkan saja.


B. Masukan Watermark

Misal kita akan memasukan watermark dalam bentuk gambar, langkah-langkah untuk measukan watermark dalam bentuk gambar adalah sebagai berikut:

1. Untuk memasukan watermark di beberapa versi microsoft word sajiannya posisinya berbeda.

  • Pengguna Word 2007 dan 2010, untuk memasukan watermark, pilih tab Page Layout, grup Page Background, klik Watermark.
  • Pengguna Word 2013 dan sesudahnya, untuk memsukan watermark pilih tab Design, grup Page Background, klik Watermark.

Silahkan pilih watermark > custom watermark...

Pada obrolan custom watermark, pilih opsi picture watermark, kemudian tekan tombol select picture...


watermark format gambar backgroun di word


Lalu Pada obrolan insert picture, pilih opsi From a file klik tulisan browser >..,

memasukan gambar watermark di ms word

Silahkan pilih gambar yang anda miliki yang tersimpan di komputer anda untuk digunakan sebagai watermark.

Dengan langkah di atas maka gambar Watermark akan muncul di semua halaman ms word anda, seperti gambar berikut:
memasukan watermark gambar di background ms word

C. Hapus watermark di halaman lain

Karena untuk kasus di atas kita ingin membuat watermark hanya muncul di halaman 3 saja, maka kita harus menghapus watermark yang muncul di halaman 1, 2, 4 dan halaman 5.

Langkah untuk menghapus watermark di halaman lain ialah sebagai berikut:

1. Double klik pada header halaman yang ingin di hapus watermarknya, hingga masuk ke mode edit header.

2. Pada halaman tersebut, arahkan mouse di atas gambar watermark, klik, thaan dan geser dikit hingga muncul seleksi pada gambar, lalu lepaskan klik pada mouase.

Silahka Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapusnya.

Jangan khawatir karena sebelumnya kita sudah melaksanakan page bereak, maka di halaman 3 tidak akan terhapus

Lakukan juga penghapusan gambar watermark pada halaman lain yang ingin dihapus watermarknya, untuk perkara di atas yang harus dihapus adalah gambar watermark di halaman 1, 2, 4 dan 5 saja, sehingga kesudahannya seperti gambar berikut:
memunculkan watermark di halaman tertentu saja


Cara di atas juga mampu anda gunakan untuk membuat background berbeda di setiap halaman ms word, atau membuat header dan footer hanya muncul di halaman tertentu saja

Dengan uraian artikel di atas diharapkan anda bukan hanya bisa memasukan watermark di halaman tertentu saja, namun anda juga mampu menghapus watermark, mengatur posisi gambar watermark, menciptakan watermark sendiri gambar maupun tulisan / teks, seolah-olah watermark dengan tulisan yang banyak dan watermark lainnya.

Semoga bermanfaat.