Cara Membuat titik-titik daftar isi rapi dan otomatis di ms word 2007, 2010, 2013, 2016

Dafatr isi adalah suatu potongan yang sangat penting yang harus ada dalam sebuah dokumen atau karya tulis baik itu skripsi, karya ilmiah, makalah maupun dokumen lainnya, terutama dokumen dengan jumlah halaman yang banyak.

Fungsi daftar isi ialah untuk memberikan petunjuk kepada pembaca mengenai kandungan secara garis besar yang terdapat pada isi dokumen tersebut, sekaligus mereke lebih praktis untuk menemukan halaman yang dimaksud.

Dokumen tanpa daftar isi akan menciptakan pembaca sulit untuk melihat isi dokumen secara garis besar dan sulit menemukan isi halaman yang hendak dicari.



Untuk menciptakan daftar isi di microsoft word sebenarnya sangatlah mudah, ada 2 cara yang bisa kita gunakan, cara otomatis dan cara manual.

Yang paling praktis tentu saja membuat daftar isi secara otomatis, lantaran selain akibatnya lebih rapih, anda tidak direpotkan harus menciptakan judul-judul dan sub judul daftar isi secara manual, begitu juga anda tidak direpotkan harus memasukan penomoran halaman secara manua.

 Judul-judul, sub judul dan juga number pada daftar isi otomatis akan digenerate secara otomatis oleh microsoft word lengkap dengan titik-titik nya.

Namun Untuk sebagian pengguna ada juga yang lebih nyaman menciptakan daftar isi secara manual, walaupun pengguna harus hidanganlis satu-persatu judul-judul dan sub judul yang ingin dibuat di daftar isi lengkap dengan nomor halamannya, begitu juga dengan titik-titiknya juga harus dibuat secara manual.

Tapi ada cara semoga pembuatan titik-titik pada daftar isi yang dibentuk manual mampu dibuat otomatis, caranya yaitu dengan menggunakan teknik tabulasi.

Di artikel kali ini saya akan coba urakan bagaimana cara menciptakan titik-titik secara otomatis pada daftar isi, ini berlaku untuk hampir semua versi microsoft word terbaru, baik versi ms word 2007, microsoft word 2010, microsoft word 2013 maupun word 2016.

Cara Membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi manual di ms word 2007, 2010, 2013, 2016

Untuk membuat titik-titik otomatis pada daftar isi yang ditulis secara manual, agar titik titik muncul saat menekan tombol tab pada keyboard, maka langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:


1. Buka dokumen ms word anda

Sebelum membuat titik-titik otomatis, silahkan amati bagian-bagian ms word untuk memembuat titik-titik daftar isi otomatis seolah-olah terlihat pada gambar di bawah ini:



2. Pastikan Ruler sudah muncul
Jika mistar / ruler tidak muncul, maka untuk memunculkannya caranya, pilih menu View > lalu centang opsi Ruler


Maka ruler atau penggaris pun akan muncul.



3. Letakan kursor di posisi atas sebelah kiri pada lembar daftar isi yang masih kosong

4. Pastikan tanda tabulasi seakan-akan gambar di bawah ini:



Jika yang muncul bukan itu, silahkan lakukan klik berkali-kali hingga menemukan tanda seakan-akan itu.

5. Setelah itu, klik pada ruler di posisi dimana tanda titik-titik ingin berakhir, misal di posisi 14 seolah-olah terlihat pada gambar di bawah ini:


Tanda Tabulasi yang kita pilih pun akan muncul pada ruller.

Tanda tabulasi tersebut digunakan untuk batas ujung titik-titik sebelah kanan.


6. Selanjutnya, double klik tanda tersebut memakai tombol mouse sebelah kanan, maka akan muncul obrolan berikut:


Silahkan pilih Opsi 2................., kemudian tekan Tombol SET, kemudian OK.

7. Pilih lagi tanda tabulasi hingga terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:


Jika yang muncul bukan gambar tabulasi itu, silahkan lakukan klik satu kali-satu kali di tanda itu, dan berhenti ketika sudah menemukan gambar itu.

8. Klik pada ruller di sebelah tanda tabulasi yang sudah diletakan sebelumnya, misal di posisi 14.5. terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:

Maka tanda tabulasi yang dipilih pun akan muncul pada ruler.
Tanda itu nanti kita gunakan untuk menempatkan Nomor halaman setelah titik-titik.

Mengisi Daftar Isi

Setelah pengaturan di atas final dilakukan, saatnya kita mengisi lembar daftar isi.

Cara mengisi lembar daftar isi langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Tulis Isi daftar isi

2 Setelah ditulis,  untuk menciptakan titik-titik daftar isi secara otomatis, caranya tekan tombol TAB, pada keyboard, maka tanda titik-titik pun akan muncul otomatis.

3. Selanjutnya untuk meletakan Nomor halaman di samping titik-titik, tekan lagi tombol Tab, maka kursor pun akan pindah, kemudian masukan nomor halaman.

Hasilnya akan terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:


Itulah artikel mengenai Cara Membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi manual di ms word 2007, 2010, 2013, 2016, semoga bermanfaat untuk anda.

Menurut aku cara paling parktis menciptakan daftar isi ialah dengan cara menciptakan daftar isi otomatis, dengan membuat daftar isi otomatis anda tidak perlu lagi hidanganlis judul dan sub-sub judul daftar isi, tidak perlu menciptakan titik-titik serta tidak perlu memasukan nomor halaman.

Dengan daftar isi otomatis semuanya akan digenerate secara otomatis, mudah dan cepat.