Cara Membuat Nomor Halaman Ms Word berbeda di 1 dokumen (word 2007, 2010, 2013, 2016)

Penomoran halaman untuk sebuah dokumen seakan-akan laporan, skripsi, makalah adalah satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan, lantaran nomor halaman akan memudahkan pembaca untuk menemukan halaman yang dimaksud di daftar isi.

Pemberian nomor halaman di ms word benar-benar sangat simpel sekali, cukup dengan beberapa langkah saja, penomoran halaman akan muncul, di Ms Word sendiri ada beberapa format penomoran halaman yang bisa kita pilih seakan-akan penomoran dengan angka, karakter a,b,c...., dengan angka romawi  i,ii, iii....dan format lainnya.

Begitu juga untuk lokasi penomoran, ada baberapa lokasi penomoran yang mampu kita pilih, bisa di atas (kiri, tengah dan kanan), atau di belahan bawah kiri, tengah atau kanan, nomor akan otomatis muncul secara berurutan di lokasi yang kita tentukan.

Format penomoran dikala kita gunakan maka akan muncul berurutan dan setiap halaman dalam satu dokumen akan mempunyai jenis penomoran yang sama, baik penomoran yang digunakan maupun lokasi penomorannya.

Sayangnya untuk laporan karya ilmiah, penomoran seperti itu tidak cocok, karena karya ilimiah seakan-akan skripsi atau makalah memakai penomoran yang berbeda-beda untuk setiap halaman.

Untuk anda yang ingin membuat dokumen ms word anda memiliki penomoran berbeda untuk setiap halaman dan anda belum tahu caranya atau lupa, maka di artikel kali ini saya akan coba uraikan kembali langkah-langkahnya.

Cara Membuat Nomor Halaman Ms Word berbeda di 1 dokumen (word 2007, 2010, 2013, 2016)

Saya asumsikan anda sudah memiliki dokumen microsoft word yang siap untuk dibubuhkan nomor halaman.

Untuk format penomoran halaman semoga berbeda untuk setiap halalaman tertentu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka file dokumen microsoft word anda.

2. Misal nomor halamannya yang ingin dibentuk beda ialah halaman 1 dan 2, contohnya halaman 1 nomornya di bawah tengah, sedangkan halaman 2 nomornya di sudut kanan atas.

3. Klik halaman 1, Pilih menu Insert > Page Number > Bottom Of Page pilih Plain Number 2 yang posisinya di bawah tengah.

Maka nomor halaman pun secara otomatis akan muncul di halaman 1 dan halaman 2 dengan format 1,2,3... dst yang posisinya di tengah bawah.

4. Keluar dari mode edit number, tekan saja tombol Close Header & footer di menu desain, atau double klik di tengah halaman.


4. Selanjutnya Ubah penomoran di halaman 2 semoga nomor muncul di pojok kanan atas.

Caranya:

a. Klik pada halaman 2, tempatkan kursor di baris goresan pena paling atas dan paling kiri.


b. Klik menu PageLayout>Breaks> Continous
Biasanya sih tulisan akan turun ke bawah satu baris, biarkan saja dulu, perbaiki nanti terakhir sesudah page number dimasukan

c. Doubleclick pada header halaman, hingga masuk mode edit header, Lalu pada hidangan desain hilangkan seleksi pada Link To Previous


 Tujuannya agar halaman 2 prilakunya tidak ikut-ikutan halaman sebelumnya.

d. Lalu pilih menu Insert > Page Number > Top of Page > Plain Number 3 semoga number muncul di pojok kanan atas.

Number pun akan muncul, dipojok kanan atas, sehabis number muncul silahkan keluar dari mode edit header, double klik saja di tengah halaman.

e. Hapus number di bawah tengah yang muncul di halaman 2
Halaman 2 masih mempunyai number yang letaknya di bawah tengah yang harus kita hapus.
Caranya:

  • Double klik footer halaman 2 hingga masuk mode edit footer
  • Lalu pada hidangan desain hilangkan seleksi pada tombol Link to Previous
  • Lalu klik menu insert > Page number > Remove page number, untuk menghapus nomor di bawah halaman tersebut.
  • Keluar dari mode edit footer (double klik saja di tengah halaman)
Dengan cara di atas anda sudah mempunyai dokumen dimana halaman 1 nomor nya di bawah tengah, sedangkan halaman 2 numbernya di atas kanan.

Dengan langkah yang sama anda mampu juga memodifikasi lembar dokumen lainnya semoga penomorannya berbeda satu sama lain. 

Semoga artikel ihwal Cara Membuat Nomor Halaman Ms Word berbeda di 1 dokumen (word 2007, 2010, 2013, 2016)