Cara Membuat Kop Surat dengan Logo dan Text di ms word

Kop surat ialah cuilan kepala surat yang umumnya berisi data perusahaan atau organisasi seperti logo, nama organisasi dan alamat organisasi, kop surat dibentuk selain untuk keindahan juga biar surat surat bisa mewakili organisasi atau perusahaan yang mengirim surat tersebut.

Untuk membuat surat sekaligus dengan kop surat di penggalan atasnya paling umum dan paling mudah kita mampu memakai aplikasi microsoft word.

Saat ini Hampir semua versi aplikasi microsoft word baik microsoft word 2010, ms word 2007, ms word 2013 sampai ms word 2016 tidak banyak memiliki perbedaan dalam membuat kop surat, silahkan gunakan versi ms word yang ada di komputer anda.

Cara menciptakan kop surat bergaris bawah dengan logo dan teks / goresan pena

Untuk membuat kop surat dengan gabungan logo dan text, baik 1 logo dibagian kiri atau kanan, maupun 2 logo di sisi kiri dan kanannya, bahwasanya sangatlah mudah, yang harus anda persiapkan ialah gambar logonya.

Jika gambar logo perusahaan atau organisasi belum ada anda mampu membuatnya menggunakan photosop, atau coreldraw, setelah gambar logo siap silahkan simpan di komputer anda di lokasi yang praktis diingat.

Jika gambar logo yang akan digunakan pada kop surat sudah siap selanjutnya anda mampu membuat kop surat dengan logo yang anda inginkan.

Cara Membuat Kop Surat dengan Logo dan Text di ms word

Berikut yaitu langkah-langkah menciptakan kop surat dengan logo dan teks di aplikasi microsoft word, 

1. Buka aplikasi ms word di komputer anda.

2. Pada dokumen ms word, double klik pada serpihan Header dokumen ms word anda, hingga anda masuk ke mode header editor.

cara membuat kop surat di ms word


3. Masukan table
Untuk membuat kop surat dengan adonan tulisan dan logo atau gambar, sebaiknya kita gunakan table microsoft word, semoga kop surat rapi dan bisa kita atur dengan simpel.

Untuk memasukan table pada header, silahkan pilih sajian Insert > Table, silahkan masukan table
  • Masukan 1 baris dengan 2 kolom, Jika anda ingin membuat kop surat dengan satu logo di bagian kiri dan tulisan di serpihan kanan gambar.
  • Masukan table dengan 1 baris dan 3 kolom bila anda ingin menciptakan kop surat dengan 2 gambar di kepingan kiri dan kanan dan text atau tulisan di serpihan tengahnya.
Misal aku membuat kop surat dengan 1 gambar di belahan kiri dan Teks atau goresan pena di pecahan tengah, maka saya akan memasukan table dengan 1 baris 2 kolom. seakan-akan terlihat pada gambar di bawah ini:

membuat kop surat dengan table

silahkan atur table semoga kelihatan seolah-olah gambar di atas, di pecahan kiri akan dipakai untuk gambar dan di pecahan tengah yang agak lebar kita gunakan untuk Judul kop / nama organisasi dengan alamatnya.

4. Masukan gambar logo di belahan kiri (table kolom 1)
Untuk memasukan gambar klik kolom 1 pada table yang sudah kita buat, kemudian pilih sajian insert > picture, kemudian silahkan arahkan ke lokasi logo di komputer kita kemudian pilih.

Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

membuat kop surat dengan logo atau gambar

Silahkan sesuaikan lebar dan tinggi gambar yang sudah anda pilih semoga cocok dengan cita-cita anda.

5. Masukan teks di cuilan kanan (table kolom 2)
Selanjutkan silahkan tuliskan judul kop surat di kepingan kanan gambar di table kolom 2. alhasil akan terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:

lankah menciptakan kop surat dengan gambar dan teks

Silahkan atur besar kecilnya goresan pena, format tulisan dan posisi tulisan sesuai dengan yang anda inginkan

6. Hapus garis-garis table kop surat
Karena kita memakai table untuk menciptakan kop surat, maka garis-garis table harus kita transfarankan agar ketika dicetak garis-garis table tidak kelihatan.

Untuk menghapus atau meniadakan garis-garis table langkahnya adalah:

a. Arahkan mouse di atas table

b. Klik kotak kecil di belahan pojok kiri atas yang muncul (untuk menyeleksi seluruh table)

c. Pilih menu home, pada group paragraph pilih icon borders > No border seakan-akan terlihat pada gambar di bawah ini:



d. Tambahkan garis bawah pada kop surat
Jika anda ingin menambahkan garis pada kop, lakukan langkah yang sama dengan point c di atas, kemudian pilih sajian Buttom Border.

Lalu atur bentuk berdor dengan cara:
Klik pada table, kemudian memilih sajian Design pada group menu Table tools, kemudian pilih menu borders.

Silahkan pilih bentuk border yang anda inginkan, kemudian klik pada garis bawah pada table.

Maka risikonya akan kelihatan seakan-akan gambar di bawah ini.

membuat kop surat dengan logo dan tulisan di word



Jika anda Membuat kop surat dengan cara di atas kop surat aka muncul di semua halaman dokumen word, jika surat lebih dari satu lembar.

Tapi Jika anda menginginkan kop surat hanya muncul di halaman tertentu saja, maka anda bisa membaca artikel cara agar header kop surat muncul di halaman tertentu saja.

Itulah artikel mengenai Cara Membuat Kop Surat dengan Logo dan Text di ms word dengan garis bawah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.