Cara Membuat Garis seperti pada buku tulis di ms word (2007,2010,2013,2016)

Sebenanarnya kalau kita ingin kertas bergaris kita mampu menggunakan kertas folio yang bisa kita beli di toko-toko buku, namun terkadang dengan alasan tertentu kita menginginkan membuat garis untuk kertas hvs atau buram, sehingga kertas hvs yang tadinya kosong mampu memiliki garis seakan-akan layaknya garis-garis pada buku tulis.

Ada 2 alternatif sebenanrya ketika kita ingin membuat garis di kertas hvs, mampu secara manual memakai mistar dan alat tulis, atau dengan cara di cetak memakai komputer, tentu saja yang paling cepat, praktis dan kesannya rapih adalah menggunakan bantuan komputer.

Untuk menciptakan kertas hvs memiliki garis seperti layaknya buku tulis, maka kita mampu menciptakannya menggunakan microsoft word, baik ms word 2007,2010,2013 maupun ms word 2016.

Di microsoft word sendiri untuk menciptakan garis-garis ada beberapa alternatif yang mampu kita gunakan, namun yang paling cepat dan simpel untuk menciptakan garis yaitu memakai aksara khusus.

Di artikel sebelumnya aku pernah menyajikan bagaimana cara membuat garis di ms word, masih mengenai cara menciptakan garis, di artikel kali ini aku akan coba uraikan bagaimana cara membuat garis seolah-olah buku tulis untuk diprint pada kertas HVS kosong.

Cara Membuat Garis seperti pada buku di ms word

Sebelum membuat garis seolah-olah pada buku tulis, aku sarankan anda membaca terlebih dahulu artikel mengenai cara membuat garis di ms word, silahkan baca artikel tersebut maka anda akan mengetahui beberapa cara membuat garis di ms word.

Langkah-langkah membuat garis seperti pada buku di ms word yaitu sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi ms word.

2. Buat lembar dokumen gres

3. Pada lembar dokumen klik pada baris dimana anda ingin memulai menciptakan garis.

4. Untuk menciptakan garis anda bisa menggunakan beberapa format huruf seakan-akan terlihat pada gambar di bawah ini:


 5, Buat garis
Dengan cara di atas, buat garis-garis satu persatu hingga penuh sehingga membentuk garis-garis seakan-akan pada lembar buku tulis.

Misal kita menggunakan aksara min (-) sebanyak 3 kali (---) lalu menekan enter.

Caranya:

a. pada lembar dokumen ms word kosong, letakan kursor mouse pada sudut kiri paling atas, kemudian ketikan karakter min (-) sebanyak 3 kali ---, kemudian tekan enter.

b. di baris berikut dikalan lagi aksara - sebanyak 3 kali ---, lalu tekan enter,.. begitu seterusnya hingga memenuhi area kosong dokumen ms word anda sesuai dengan yang diinginkan.

6. Rapikan jarak antar baris.
Terakhir sesudah pembuatan baris-baris akhir, rapikan jarak setiap baris,
Caranya:

a. Tekan CTRL + A, lalu pilih hidangan home > kemudian ubah ukuran text sesuai dengan yang anda inginkan, semakin besar umumnya akan semakin memperlebar jarak setiap baris.


Hasilnya kurang lebih akan terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:


7. Jika pembuatan baris sudah akhir, maka anda mampu mencetaknya pada kertas HVS atau kertas buram.

Cukup mudah bukan !

Oh ya anda juga bisa menggunakan jenis garis lainnya, seakan-akan yang dijelaskan pada gambar di atas.

Itulah cara membuat garis seolah-olah pada buku tulis di ms word,  selamat mencoba :)