Cara membuat background watermark tulisan banyak di ms word untuk desain sertifikat/ ijasah

Di artikel sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan bagaimana cara menciptakan watermark semoga muncul di halaman tertentu saja, masih menyangkut watermark di artikel kali ini aku akan coba uraikan cara menciptakan watermark tulisan atau teks dalam jumlah yang banyak di ms word untuk pembuatan desain akta atau ijasah.

Setidaknya anda sudah tau apa itu watermark, watermark yaitu background transfaran baik berupa teks atau gambar yang terdapat di balik goresan pena sebuah halaman.

Watermark kadang dibentuk untuk menyampaikan identitas sebuah dokumen, seolah-olah dokumen kantor, ijasah, sertifikat dan dokumen lainnya baik dengan tujuan untuk peringatan atau untuk promosi atau pengenalan brand perusahaan.

Di micrsoft word sendiri  kemudahan untuk menciptakan watermark sudah tersedia, baik itu microsoft word 2007, 2010, 2013 maupun microsoft terbaru 2016, serta sangat simpel sekali untuk digunkan.

Dengan kemudahan tersebut, penguna bisa membuat watermark dalam dua pilihan  desain, watermark yang sudah disediakan secara build in oleh ms wordnya dan custrom watermark, baik watermark dalam bentuk teks atau goresan pena maupun watermark dalam bentuk gambar..

Khusus untuk watermark dalam bentuk goresan pena hanya tersedia untuk posisi horizontal dan diagonal saja hanya dalam beberapa baris tergantung dari tulisan yang dimasukan.

Terkadang kita ingin membuat watermak dalam bentuk goresan pena atau teks dimana tulisan tersebut memenuhi halaman di ulang-ulang dalam jumlah yang banyak.

Tentu saja kalo kita memakai fitur watermak goresan pena di ms word tidak akan bisa, namun jika diinginkan bergotong-royong untuk membuat watermark goresan pena banyak untuk background halaman ijasah atau sertifikat bukanlah suatu hal yang tidak mungkin, kita bisa mengakalinya dengan cara-cara khusus.

Cara menciptakan background watermark goresan pena banyak di ms word untuk desain sertifikat/ ijasah

Untuk anda yang ingin menciptakan desain dokumen seolah-olah sertifikat atau ijasah dimana di serpihan belakang goresan pena dukumen tersebut ingin ada background goresan pena berulang-ulang dalam jumlah banyak memenuhi seluruh lembar dokumen maka anda mampu menggunakan watermark di microsoft word untuk membuatnya.

Langkah-langkah untuk Cara menciptakan background watermark goresan pena banyak di ms word untuk desain sertifikat/ ijasah ialah sebagai berikut:

1. Langkah pertama buat sebuah gambar dengan tulisan berulang-ulang seakan-akan gambar di bawah ini:

background tulisan berulang

Anda mampu membuat gambar seakan-akan di atas di photosoft, microsoft paint, correl draw dan software pengolah gambar lainnya.

2. Buka dokumen microsoft word anda, kemudian masukan watermak gambar dengan car:

  • Bagi Pengguna Word 2007 dan 2010, untuk memasukan watermark, pilih tab Page Layout, grup Page Background, klik Watermark.
  • Bagi Pengguna Word 2013 dan setelahnya, untuk memsukan watermark pilih tab Design, grup Page Background, klik Watermark.


Untuk memasukan wateramark gambar klik menu watermark > custom watermark...


Lalu Pada obrolan insert picture, pilih opsi From a file klik goresan pena browser >..,


Silahkan pilih gambar dengan tulisan berulang yang sudah anda buat sebelumnya yang tersimpan di komputer anda.

Jika gambar watermark tidak kelihatan atau terlalu transparan, silahkan hilangkan opsi Washout, namun bila terlalu terang atau jelas silangkan centang saja.

Kemudian pada opsi scale, silahkan pilih scala yang anda inginkan biar gambar menjadi full walpaper memenuhi seluruh halaman misal pilih 200%, atau silahkan sesuaikan.


Jika sudah, silahkan Tekan tombol Apply atau OK.

Maka hasil alhasil akan kelihatan seolah-olah gambar ri bawah ini:
watermark background tulisan penuh fullpaper


Oh ya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda mampu menciptakan background gambar dengan goresan pena atau teks berulang-ulang dengan ukuran sesuai dengan kertas dokumen ms word yang digunakan.

Dengan cara di atas jika dokumen ijasah, sertifika di ms word anda lebih dari 1 page atau halaman, maka semua page akan memiliki background gambar watermark yang sama.

Silahkan baca cara memunculkan watermark di halaman tertentu saja di ms word, jikalau anda menginginkan gambar watermark hanya ingin muncul di sebagian halaman saja.