#3 Cara membuat garis bawah pada KOP surat di ms word 2007,2010,2013, 2016

Kop surat ialah identitas surat yang didalamya terdapat gambar logo perusahaan, organiasai atau instansi beserta alamat lengkap serta nomor kontak dari instansi tersebut, untuk surat resmi seakan-akan surat dinas atau surat-surat perusahaan KOP surat yaitu hal yang perlu ditambahkan pada sebuah surat.

Fungsi kop surat selain memberikan keindahan tersendiri pada dokumen surat, juga mampu memberikan informasi embel-embel kepada si peserta surat.

Tidak ada aturan baku bagaimana menyajikan kop surat, namun pada umumnya harus disajikan sebaik dan semenarik mungkin, salah satu atribut yang sering disertakan di dalam kop surat adalah atribut garis tebal yang terletak di penggalan bawah kop surat. Atribut garis sepertinya untuk menyampaikan kesan lebih menarik pada KOP surat yang dibuat.

Perlu diketahui bahwa pembuatan surat yang dilengkapi dengan kop surat paling mudah dibentuk di microsoft word, hampir semua versi microsoft word  baik itu ms word 2007, 2010, 2013 maupun microsoft word 2016 sudah bisa kita gunakan untuk menciptakan kop surat dengan baik.

Di microsoft word kop surat biasanya dibuat menggunakan fitur header dan footer, sehingga untuk setiap lembar surat akan mempunyai kop surat dengan format yang sama.

Mengenai pembuatan kop surat bekerjsama sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya yang berjudul cara menciptakan kop surat dengan teks dan logo, pada artikel tersebut dijelaskan bagaimana cara membuat kop surat terutama kop surat yang menyertakan sebuah gambar atau logo dan juga teks.

Masih mengenai kop surat di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara menciptakan garis di penggalan bawah kop surat. saya menyajikan artikel ini lantaran masih banyak pengguna microsoft word yang tidak mengetahui caranya walaupun caranya sangat mudah.

Cara membuat garis pada KOP surat di ms word 2007,2010,2013, 2016

Langkah-langkah untuk menciptakan kop surat dengan garis di pecahan bawahnya yaitu sebagai berikut:

Cara ke 1#: memakai Menu Border and Shading

Untuk menciptakan garis di kepingan bawah kop surat anda mampu menggunakan hidangan border and shading, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan buat kop surat, bila anda belum tau caranya anda bisa membca artikel sebelumnya perihal cara membuat kop surat praktis, jangan lupa gunakan header & footer untuk menciptakannya.

Misalkan saja bentuk desain kop surat yang kita buat adalah sebagai berikut:


2. Untuk membuat garis di bagian bawah Kop surat, silahkan masuk ke editor header & footer, caranya double klik saja di header dikumen word anda dimana kop surat berada.

Lalu silahkan letakan kursor di cuilan bawah Kop surat yang anda buat, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


3. Klik hidangan Home > klik hidangan border di group paragraph, kemudian pilih hidangan border and shading,


Maka akan muncul obrolan pengaturan border and shading.

4. Pada dialog pengaturan border and shading, lakukan pengaturan berikut:



a. Settings: pilih None

b. Style : pilih jenis garis yang anda inginkan

c. Preview, pada preview akan terlihat garis kotak hitam, silahkan hilangkan garis-garis pada penggalan kiri, kanan dan bawah, dengan menekan kotak-kotak kecil seperti terlihat pada gambar di atas,  sehingga yang tersisa hanya garis di penggalan atas saja.

Sehingga karenanya terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:



 5. Setelah simpulan tekan saja tombol OK.

Maka hasilnya kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini:



Bagaimana sangat mudah bukan,

Sebenarnya untuk menciptakan garis di pecahan bawah goresan pena kop surat ada banyak cara yang bisa kita gunakan, selain bisa memakai fitur Border and shading, kita juga bisa memuat garis menggunakan Shapes.

Cara ke 2 :# Menggunakan Menu Shapes

Untuk membuat garis di belahan bawah kop surat, Anda bisa mencoba memakai Shapes langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Pastikan anda sudah masuh ke mode header footer editor Kop surat anda (jika belum double klik saja di cuilan kop surat yang terdapat pada header dokumen anda).

2. Letakan kursor di serpihan bawah goresan pena kop surat anda dimana garis ingin anda letakan.

3. Pilih menu Insert > Shapes kemudian pilih bentuk garis


4. Buat garis dibagian bawah kop surat, caranya: klik dan tahan di potongan paling kiri garis ingin diletakan, kemudian tarik ke kanan memakai mouse anda.

Oh ya, biar garis yang anda tarik lurus, maka tekan tombol SIFT pada keyboard anda bersamaan dengan anda membuat garis, kalau sudah cocok, lepas mouse anda.

5. Untuk menebalkan garis, silahkan klik pada garis yang sudah anda buat, lalu  pilih sajian format > shape outline > shape format, seakan-akan terlihat pada gambar di bawah ini:


Silahkan pilih ketebalan garis yang anda inginkan misalnya 3 pt.

Hasilnya kurang lebih akan terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:



Bagaimana praktis bukan !.

Cara ke 3: #Menggunakan format Karakter

Anda juga bisa membuat garis dengan cepat menggunakan karakter khusus, caranya silahkan baca pada artikel berikut:

Cara menciptakan garis di word

Demikian mengenai cara membuat garis di penggalan bawah pada kop surat.

Dengan langkah yang sama anda juga bisa membuat garis untuk footer jika memang diinginkan, atau garis-garis lainnya juga bisa. semoga bermanfaat.