Mengenal Apa itu Google Spreadsheet, google docs dan google slide beserta fungsinya ?

Barangkali sudah tidak ajaib dengan google, kebanyakan orang tau google dengan mesin pencarinya, bahwa untuk kalau ingin mencari sesuatu di internet maka situs yang mampu dipakai untuk membantu menemukan apa yang kita cari adalah google.com.

Tapi sesungguhnya kehadiran google bukan hanya sebatas mesin pencari saja, dikala ini google mempunyai banyak sekali aplikasi online yang mampu digunakan oleh pengguna internet secara gratis, google menghadirkan berbagai macam aplikasi yang mampu membantu pengguna internet untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Selain mesin pencari beberapa aplikasi google yang cukup memiliki kegunaan dan sangat bermanfaat adalah adanya paket aplikasi seperti microsoft office namun mampu dioperasikan secara online. beberapa aplikasi semacam microsoft office yang dihadirkan google diantaranya yaitu.


Keberadaan aplikasi google tersebut  mampu membantu anda untuk membuat dokumen kantor secara online, seperti untuk mengetik, menghitung, dan membuat presentasi, sekaligus menyimpannya di google drive.

Aplikasi google di atas terintegrasi eksklusif dengan google drive anda, dan setiap kali anda menciptakan dokumen dengan aplikasi google di atas, file atau dokumen anda akan tersimpan secara otomatis di google drive anda yang bisa anda kelola seperti layaknya di komputer sendiri.

Bagaimana Cara menggunakan Aplikasi google sheet, docs dan google slide tersebut ?


Untuk memakai aplikasi google dokumen di atas baik itu google sheet, google docs dan google slide, anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu, kalau belum punya silahkan buat akun email google terlebih dahulu.

Setelah anda memiliki email google, maka secara otomatis anda akan mempunyai google drive sebagai ruang penyimpanan online dari google dengan kapasitas sebesar 15Gb, ruang penyimpanan tersebut dapat anda gunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen anda, baik dokumen dari komputer anda maupun dokumen dari google docs, google spreadsheet dan google slide yang anda buat, layaknya seolah-olah flashdisk online.

Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi google docs, google sheet dan google slide ialah sebagai berikut:

1. Masuk ke google situs google drive (drive.google.com

2. Lalu Login dengan memakai akun Gmail anda.

3. Untuk menciptakan dokumen online langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Di halaman google drive silahkan anda klik tombol new,

b. Pilih saja jenis dokumen yang ingin anda buat.



  • Jika ingin membuat dokumen seolah-olah microsoft word, silahkan anda arahkan mouse anda pada hidangan Google Docs > Blank dokumen
  • Jika ingin menciptakan spreadsheet atau dokumen ms excel online untuk menghitung, maka pilih saja sajian Google Sheets > Blank Dokumen
  • Sedangkan jikalau ingin menciptakan Presentasi secara online layaknya microsoft power point, maka anda mampu memilih sajian Google Slides > Blank dokumen.

Pengoperasian ketika aplikasi online di atas sama halnya seakan-akan ketika anda memakai aplikasi ms word, seakan-akan layaknya microsoft excel, word maupun power point.

Namun jikalau memakai aplikasi google di atas, dokumen yang anda buat akan secara otomatis tersimpan di penyimpanan google drive anda, yang akan tersimpan dengan kondusif dan bisa anda akses darimanapun selama ada internet.