Lengkap: Cara Membuat dan mendesain table di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016

Hari ini saya akan memberiktan tutorial yang sangat mudah sekali wacana microsoft word, yaitu mengenai langkah-langkah cara menciptakan table atau menyisipkan table di halaman ms word, sekaligus dengan cara mendesain atau mengcustomisasinya.

Membuat table di microsoft word sebenarnya sangat mudah, namun walaupun sangat simpel, kemungkinan untuk orang yang baru pertama kali memakai ms word akan sedikit kesulitan dan dibentuk gundah bagaimana caranya.

Perlu diketahui bahwa table terkadang dibutuhkan untuk menyajikan data-data yang penyajiannya dalam bentuk tabulasi (baris dan kolom), selain itu table juga banyak digunakan untuk menampilkan tata letak goresan pena tertentu biar menjadi lebih rapi, garis-garis table bisa dihilangkan, sehingga saat dicetak hanya goresan pena di dalam table saja yang ikut tercetak.

Fitur untuk menciptakan table di microsoft word, baik itu ms 2007, 2010, 2013, 2016 benar-benar sangat lengkap sekali, selain anda dapat membuat table dengan aneka macam ukuran baris dan kolom, anda juga bisa mendesain table yang anda buat, seakan-akan mewarnai isi table, menghilangkan garis-garis table dan lain sebagainya.

Cara Mudah Menyisipkan table di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016

Ada 3 cara yang mampu anda tempuh untuk menciptakan table di ms word mencakup:

1. secara otomatis, dengan cara memilih kotak-kotak sesuai baris dan kolom table yang ingin dibentuk.
Caranya sajian Insert > Table kemudian sorot kotakkotak yang tersedia sesuai dengan ukuran baris dan kolom yang ingin dibentuk.

2. dengan cara manual, yaitu dengan memasukan baris dan kolom yang ingin dibentuk atau
Caranya: pilih menu Insert >Table > Insert Table..., lalau masukan baris dan kolom table yang ingin dibentuk.

3.Dengan cara digambar.
Caranya: Pilih menu insert > Table > Draw table, dengan memakai mouse komputer anda, silahkan klik dan drag di halaman ms word di area dimana table ingin disisipkan.


Dari ketiga cara di atas, yang paling praktis tentu saja cara otomatis, yaitu dengan cara menentukan kotak-kotak yang tersedia sesuai dengan baris dan kolom yang ingin dibentuk.

Cara Membuat Table MS Word Secara otomatis

Langkah-langkah untuk membuat table secara otomatis di microsoft word yaitu sebagai berikut:

a. Buka dokumen ms word anda, arahkan kursor ke area dimana anda ingin menyisipkan table

b. Pilih menu Insert >Table, kemudian Dengan menggunakan mouse, pada menu yang muncul, silahkan sorot kotak-kotak yang tersedia sesuai dengan jumlah baris dan kolom table yang ingin anda buat.


Cara Membuat table di ms word

Garis-garis table pun akan muncul secara otomatis di halaman ms word, kalau ukuran table sudah sesuai dengan yang anda inginkan lakukan klik, maka table pun akan dibentuk.

c. Selanjutnya silahkan Klik di table yang sudah anda buat, akan muncul group menu TABLE TOOLS di sebelah kanan dengan 2 sajian untuk mengatur table, yaitu hidangan  Desain dan Layout

cara menyisipkan table di ms word


Menu Desain
Menu Ini digunakan untuk mendesain table atau untuk memperindah tampilan table yang anda buat, seakan-akan mewarnai, mempertebal garis table. mewarnai cell / kotak-kotak table, memodifikasi garis-garis table dll.

Menu Layout
Menu Ini digunakan untuk memodifikasi ukuran table, seperti contohnya, menambah baris, menambah kolom, meperlebar kotak-kotak table. menghapus baris dan kolom, mengatur posisi tulisan di dalam kotak-kotak tablle (atas, tengah bawah,kiri atau kanan) dll.

 Silahkan gunakan kedua menu tersebut untuk memodifikasi table yang anda buat sesuai dengan impian anda.

Cara pakainya sangat mudah, seleksi terlebih dahulu tulisan di dalam table, atau arahkan mouse di dalam kotak table, kemudian pilih sajian hidangan yang tersdia. Silahkan bereksperimen.

Memodifikasi Table

Table yang anda sisipkan di ms word bisa dimodifikasi dengan sangat simpel, hampir semua modifikasi mampu dilakukan dengan menggunakan sajian-menu yang tersedia. berikut beberapa acuan dan cara memodifikasi:

1. Memotong Garis pada Table

Untuk memotong garis pada table atau menghapus garis pada table, anda bisa menggunakan menu Eraser.

Memotong garis table
Silahkan klik table, kemudian pilih hidangan Layout > Eraser, silahkan klik pada garis-garis table yang ingin dipotong atau dihapus, maka garis-garis table pun akan terhapus.

Menyambung kembali garis table
Sedangkan kalau anda ingin menyambungkan kembali garis-garis table yang terhapus atau terpotong anda bisa memakai menu Layout > Draw Table, lalu buat garis-garis dengan cara klik dan drag mouse.

2. Memisahkan Table di word (1 table menjadi 2 table atau lebih

Untuk anda yang ingin memsisahkan table dari 1 table menjadi 2 table maka langkahnya sangat praktis.

Arahkan kursor di salah satu kotak table, silahakan tempatkan di posisi row atau baris table yang ingin anda pisahkan.

Kemudian klik Menu Layout > Split Table. table pun akan menjadi 2, dengan cara yang sama anda pun bisa membagi menjadi beberapa table lagi sesuai dengan yang anda inginkan.

3. Mewarnai garis table

Untuk mewarnai garis table, silahkan klik table, kemudian pilih sajian desain > Border style, kemudian pilih salah satu bentuk garis yang disajikan.

Setelah itu klik tepat pada garis-garis table yang ingin anda warnai.

4. Mewarnai Table

Untuk mewarnai table, silahkan klik pada table, kemudian klik pada tanda + yang muncul di pojok kiri atas untuk menyeleksi semua kotak-kotak table,

Setelah terseleksi, klik hidangan Desain > Shading, silahkan pilih warna yang ingin anda gunakan untuk table yang anda buat.


Membuat table di ms word baik Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, sebetulnya sangat simpel, semakin anda sering mengunakan ms word dan membuat table maka anda pun akan semakin terbiasa. selamat mencoba.