Cara Mudah Mengunci Tulisan / Teks MS. Word Agar tidak bisa diedit

Di artikel kali ini aku akan menguraikan bagaimana cara mengunci atau memproteksi seluruh maupun sebagian goresan pena atau teks pada dokumen microsoft word (ms word) biar tidak mampu diedit maupun di copy paste oleh orang lain.

Siapa yang tidak kenal dengan microsoft office, boleh dibilang software yang satu ini merupakan aplikasi wajib yang harus terinstal di komputer, terutama komputer kantor, aplikasi microsoft office benar-benar sangat diharapkan, salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dari paket microsoft office ini ialah microsoft words.

Microsoft word merupakan sebuah software atau aplikasi yang kebanyakan digunakan untuk mengetik (mengolah dokumen), sampai ketika ini microsoft word sudah beberapa kali direlease, dari mulai microsoft word 2000.... 2003, 2007, 2010, 2013, dan release yang terakhir yaitu microsft word 2016.

Release terbaru microsft word benar-benar sangat menyesuaikan dengan keperluan pengguna, terutama kemudahan dan fitur yang semakin lengkap, salah satu fitur yang cukup bermanfaat yang ditawarkan oleh ms word ialah fitur keamanan untuk mengunci sebagian maupun seluruh text atau tulisan di dalam dokumen ms word.

Dengan adanya fitur pengunci file word ini maka setiap teks pada dokumen microsoft word tidak akan bisa dicopy paste maupun diubah sembarangan oleh orang lain , kecuali tau kunci untuk membukanya.

Tapi akungnya masih banyak pengguna mincrosoft word yang belum memanfaatkan fitur pengunci ini, bahkan ada saja yang sudah tau fitur ini namun masih belum tau cara menggunakannya.

Oleh karena itu di artikel sederhana ini aku akan coba menyampaikan tutorial sederhana bagaimana cara mengunci file maupun teks pada dokumen microsft word sehingga lebih kondusif dari pencurian tuliasan.

Cara Praktis Mengunci Teks Dokumen microsoft word.

Cara mengunci word semoga tidak mampu di edit ini aku khususkan untuk microsoft word 2007, ms word 2013 dan ms word 2016, karena mengingat versi tersebut yaitu versi yang paling banyak digunakan ketika ini dan beberapa pengaturan menu nya tidak jauh berbeda satu sama lain.

Namun di tutorial kali ini aku memakai ms word 2013, hening saja lantaran langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan ms word di bawahnya 2007, maupun 2016, cuma beda-beda sedikit saja.

Langkah-langkah untuk mengunci file dan teks microsoft word yaitu sebagai berikut:

1. Buka dokumen ms word yang ingin anda protek agar tidak bisa diedit maupun di copy paste oleh orang lain.

2.  Pada halaman utama ms word, pilih menu Review > kemudian pilih Restrict editing


Maka akan muncul pengaturan untuk memproteksi dokumen ms word anda di samping sebelah kanan.

3. Pada pengaturan yang muncul, silahkan centang pada pilihan "Allow only this type of editing in the document", kemudian pilih opsi Filling in forms, terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:

cara mengunci teks dokumen ms word

Setelah itu kemudian tekan tulisan Yes, Start Enforcing Protection, di penggalan bawahnya, maka akan muncul dialog yang meminta anda untuk memasukan password untuk memproteksi dokumen ms word anda.

4. Berikutnya, silahkan seting password untuk dokumen anda pada obrolan yang muncul, seolah-olah terlihat pada gambar di bawah ini:


Pastikan password yang anda masukan tidak lupa, karena password tersebut nanti digunakan untuk membuka proteksi dokumen ms word anda sehingga mampu diedit kembali.

Dengan mengaktifkan perlindungan msword maka dokumen anda tidak akan bisa di edit maupun di copy paste oleh siapapun.

Cara membuka proteksi ms word semoga mampu di-edit

Setelah dokumen ms word anda berikan perlindungan, maka dokumen tersebut tidak akan mampu di edit maupun di copy paste / disalin, namun itu bukan berarti tidak bisa diedit selamanya. anda pun mampu membuka proteksinya kembali jikalau dibutuhkan.

Untuk membuka dokumen ms word yang sudah diproteksi sebelumnya, maka langkah-langkahnya hampir sama ketika anda ingin memproteksi doumen tersebut.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Buka dokumen ms word yang sudah diproteksi sebelumnya.

2. Pilih Menu Review > Restrict Editing

3. kemudian pada tampilan yang muncul di potongan kanan, silahkan tekan saja tombol stop protection, terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:

membuka proteksi dokumen ms word


4. Kemudian silahkan masukan password proteksi dokumen microsoft word anda.


Setelah password di masukan tekan saja tombol OK.

Tapi pastikan password yang anda masukan benar, jangan sampai salah, jikalau salah atau lupa password, maka dokumen ms word anda tidak akan mampu diedit selamanya.


Cara mengunci Sebagian teks dokumen ms word?

Cara di atas adalah cara yang mampu anda gunakan untuk mengunci seluruh teks pada dokuemen microsoft word anda, sehingga tidak mampu dimodifikasi atau disalin, kemudian bagaimana kalau yang ingin kita proteksi hanya sebagaian teks atau goresan pena saja.

Ternyata selain untuk memproteksi atau mengunci seluruh teks pada dokumen, ms word juga mampu kita gunakan untuk mengunci sebagian teks pada dokumen, jadi nanti yang tidak bisa diedit maupun di salin hanya tulisan-tulisan pada potongan yang diproteksi nya.

Langkah-langkah untuk mengunci sebagian teks dokumen ms word semoga tidak bisa di edit atau disalin adalah sebagai berikut:

1. Buka dokumen ms word anda.

2. Seleksi pada tulisan/ teks yang tidak ingin anda kunci supaya goresan pena tersebut masih bisa di edit maupun di salain, dan jangan seleksi pada goresan pena yang ingin diproteksi,

Untuk memudahkan melaksanakan seleksi tekan tombol CTRL ketika anda menyeleksi goresan pena menggunakan mouse, kurang lebih seolah-olah tampilan di bawah ini:

Cara proteksi sebagian goresan pena di ms word

3. Lalu Pilih Menu Review > Restrict editing

4.  Pada tampilan yang muncul lakukan pengaturan berikut:

  • Ceklis Limit Formating to a selections of styles
  • Ceklis juga pada Allow only this type of editing in the document, kemudian pilih opsi comments
  • Pada opsi group ceklis everyone
Terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:

cara mengunci sebagian goresan pena dokumen ms word


Kemudian tekan tombol "Yes, Start enforcing protection" di cuilan bawah.

Lalu silahkan masukan password perlindungan anda.

Dengan pengaturan di atas, maka teks yang anda seleksi masih akan bisa di edit sementar goresan pena yang anda tidak seleksi tidak akan bisa diedit atau disalin.

Itulah mengenai cara mengunci sebagian teks atau goresan pena pada dokumen ms word semoga tidak bisa diedit atau di salin (copy paste).

Cara di atas aku lakukan di ms word 2013, namun mampu juga anda gunakan di ms word 2007, microsoft word 2010, maupun ms word 2017, karena ketiga versi ms word di atas memang dari sisi tampilan maupun  persentasi sajiannya tidak jauh berbeda.

Demikian artikel sederhana mengenai cara praktis mengunci teks dokumen ms word baik full maupun sebagian goresan pena saja, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.