Cara Mudah menghitung Rangking Kelas di Ms. Excel (2010, 2012, 2013, 2016)

Salah satu acara guru yang menjadi rutinitas semesteran adalah menghitung akumulasi nilai siswa, hasil dari akumulasi nilai tersebut akan menghasilkan rangking kelas yang dapat memilih siapa siswa yang mendapatkan prestasi terbaik, biasanya nilai tertinggi akan mendapatkan rangking paling kecil dimulai dari rangking 1.

Untuk urusan menghitung nilai dikala ini banyak yang memakai kontribusi komputer dengan memakai aplikasi microsoft excel, aplikasi ini dapat melakukan perhitungan total nilai setiap siswa, rata-rata nilai kelas, nilai tertinggi, nilai terendah dan perhitungan lainnya secara otomatis dan praktis sehingga proses perhitungan nilai menjadi lebih cepat.

Kesulitan yang banyak dialami oleh pengguna ketika menghitung nilai siswa di ms excel yaitu memilih ranking kelas, walaupun sebagian besar perhitungannya dibentuk memakai microsoft excel, tidak jarang ketika menentukan rangking masih banyak yang menggunakan cara manual yaitu dengan mengurutkan nilai tertinggi, gres nilai tertinggi diberikan rangking secara manual.

cara menghitung rangking kelas ms excel
Cara Menentukan dan mengurutkan ranking siswa di ms excel

Padahal untuk menentukan rangking siswa di microsoft excel bantu-membantu sangatlah simpel, karena rumus atau formulanya sudah disediakan dan siap untuk dipakai, sayangnya walaupun mudah, lantaran penggunaanya sangat jarang, masih banyak pengguna yang masih kesulitan untuk memakainya sehingga penghitungan rangking kadang menggunakan cara yang berbelit-belit dan tidak jarang masih dihitung satu persatu secara manual.

Untuk anda yang merasa kesulitan dan belum mengetahui penggunaan rumus untuk menghitung ranking siswa di microsoft excel, di artikel kali ini akan aku jelaskan secara panjang lebar bagaimana cara memilih ranking siswa secara otomatis memakai ms excel.

Rumus Untuk Menentukan Ranking Siswa

Rumus untuk menghitung ranking di ms excel antara versi yang usang (2007, 2003, 2000), sedikit berbeda dengan rumus rangking di microsoft excel (2010,2012, 2013 dan sesudahnya, namun fungsinya tetap sama.

Formula untuk menghitung rangking di microsoft excel terbaru (microsoft excel 2010, 2012 2013, 2016 dan setelahnya) ada 2 rumus yaitu :

1. RANK . AVG(number, ref,[order])

 Rank.avg yaitu rumus untuk mencari rangking kelas dimana jika ada 2 orang atau lebih yang mendapatkan nilai yang sama akan mendapatkan rangking rata-rata.

Keterangan parameter yang dipakai ialah sebagai berikut:
  • number, adalah nilai siswa yang akan dirangking
  • ref, ialah range atau nilai keseluruhan siswa
  • order adalah pengurutan, sifatnya opsional, artinya mampu diisi atau tidak, bila tidak diisi berarti sama dengan 0, anda bisa mengisinya antara 0 dan angka 1, angka 0 artinya descending (nilai tertinggi akan mendapatkan angka rangking kecil), sedangkan jika nilainya 1 berarti ascending (nilai tertinggi akan mendapatkan angka rangking besar)
 

2. RANK . EQ(number, ref,[order])

Sedangkan rank.eq yaitu rumus rangking kelas, bila ada 2 orang atau lebih menerima nilai yang sama, maka akan menerima rangking yang sama.

Keterangan parameter yang dipakai yaitu sebagai berikut:
  • number, yaitu nilai siswa yang akan dirangking
  • ref, ialah range atau nilai keseluruhan siswa
  • order adalah pengurutan, sifatnya opsional, artinya mampu diisi atau tidak, bila tidak diisi berarti sama dengan 0, anda bisa mengisinya antara 0 dan angka 1, angka 0 artinya descending (nilai tertinggi akan menerima angka rangking kecil), sedangkan jikalau nilainya 1 berarti ascending (nilai tertinggi akan menerima angka rangking besar)

Jika diterapkan, hasil kedua rumus di atas, bisa dilihat perbedaannya pada gambar di bawah ini:

perbedaan rank.eq dan rang.avg di excel

Anda bisa lihat data Siswa Zeni dan Zufri, mereka menerima nilai yang sama 70, dan ketika menggunakan rumus rank.avg  dan rank.eq, karenanya seperti di atas.

Untuk menentukan rangking siswa secara umum paling cocok memakai rumus RANK.EQ

Cara Mudah menghitung Rangking Kelas di Ms. Excel (2010, 2012, 2013,2016 dst) 

Sampai tahap ini anda diharapkan sudah memahami rumus untuk menghitung rangking siswa seperti uraian di atas, selanjutnya yaitu cara memakai rumus tersebut untuk menentukan rangking siswa, mampu dilihat pada gambar di bawah ini:


Rumus Untuk menghitung rangking pada masalah di atas ialah sebagai berikut:
=RANK .EQ(F4,$F$4:$F$9) atau =RANK.EQ(F4;$F$4:$F$9)

  • F4, yaitu nilai siswa yang akan ditentukan rangkingnya.
  • $F$4:$F$9, yaitu range absolute (pake tanda dolar ya supaya ketika di drag rangenya tidak berubah), ini adalah range nilai keseluruhan siswa.
Oh ya untuk penggunaan rumus, di beberapa microsoft excel, parameter formula kadang memakai tanda , (koma), atau kadang juga memakai tanda ;(titik koma), tergantung dari lokalisasi instalasi window yang dipakai, silahkan gunakan salah satu yang mampu berfungsi dengan baik di komputer anda dan tidak error..

Dengan memakai rumus di atas maka Siswa yang menerima Nilai tertinggi rangkingnya akan semakin kecil, dimulai dari rangking 1 dan seterusnya.

Cara Mengurutkan Nama Sesuai Urutan Rangking 

Setelah mendapatkan rangking untuk setiap siswa, langkah selanjutnya biasanya mengurutkan nama siswa dari mulai rangking pertama hingga rangking terakhir secara berurutan.

Untuk mengurutkan nama sesuai rangking dengan cepat, langkah-langkahnya mampu dilihat pada gambar sebagai berikut:

Cara mengurutkan rangking siswa di ms excel


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan  seleksi rangking yang ingin diurutkan (lihat gambar di atas yang dipilih yaitu range pada kolom G untuk baris 4 hingga 9.

b. Lalu setelah terseleksi Pilih hidangan Home > kemudian klik pada sort filter (pojok kanan atas)

c. Pada hidangan yang muncul, pilih menu Sort smallest to largest, semoga rangking pertama berada paling atas berurutan.

Pada obrolan yang muncul, kemudian tekan saja tombol Sort.

Nama Siswa pun akan di urutkan berdasarkan rangking dari rangking terkecil ke terbesar, balasannya terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:

Rangking siswa sesudah diurutkan


Demikian artikel ihwal cara bagaimana cara memilih rangking kelas dan selanjutnya bagaimana cara mengurutkan nama menurut rangking siswa dari mulai rangking terkecil secara berurutan.

Semoga artikel di atas dapat membantu anda bagaimana cara menghitung rangking siswa sehingga perhitungan rangking kelas menjadi lebih cepat dan simpel.