Cara Mudah Membuat Label Undangan Otomatis di MS Word

Saat ini surat ajakan baik itu seruan ijab kabul, khitanan, usul rapat pertemuan maupun undangan lainnya biasanya menggunakan sebuah label khusus untuk mencantumkan nama dan alamat tamu usul yang mampu ditempel di kertas permintaan tersebut, label permintaan biasanya semacam kotak-kotak stiker tempel berwarna putih yang bisa kita beli di toko-toko buku dan alat tulis degan ukuran yang bermacam-macam, nama tamu dan alamat tamu seruan mampu kita tulis pada label tersebut, bisa secara manual ataupun memakai aplikasi komputer. namun yang paling cepat dan rapi adalah memakai komputer dengan kontribusi aplikasi ms word.

Label permintaan
Label Undangan

Membuat tulisan untuk label ajakan di ms word bahwasanya sangatlah simpel, tapi sayangnya banyak orang yang belum bisa memanfaatkan kehebatan teknologi aplikasi ms word untuk membuat label permintaan, sehingga banyak yang masih mengandalkan cara manual, memang tidak perkara kalau tamu usul yang akan ditulis jumlahnya sedikit, namun tentu akan kerepotan manakala tamu seruan berjumlah ribuan atau lebih, tentu prosesnya akan lama sekali bila harus ditulis satu-persatu secara manual, oleh lantaran itu cara terbaik, praktis, cepat dan mudah untuk menuliskan nama dan alamat tamu undangan di label tentu saja menggunakan komputer dengan kontribusi aplikasi ms word.

Di artikel kali ini aku akan jelaskan bagaimana cara praktis menciptakan label permintaan di ms. word sehingga anda mampu menciptakannya sendiri ketika ingin mencetak label seruan untuk seruan pernihakan, khitanan maupun usul pertemuan lainnya.

Cara Mudah Membuat Label Undangan Otomatis di MS. Word

Memang ada banyak alternatif cara membuat label seruan, namun cara ini yaitu cara paling praktis dan cepat untuk membuat label ajakan.

Untuk menciptakan label ajakan di komputer aplikasi yang biasanya dipakai yaitu aplikasi ms. word dan ms. excel, baik versi 2003, 2017, 2010,2013 maupun aplikasi ms office terbaru. mas word dipakai untuk menciptakan format label ajakan dan memformat bentuk dan warna goresan pena, sedangkan ms excel digunakan untuk mencatat dafar nama dan tamu ajakan. Fitur yang akan kita gunakan di microsft word untuk membuat label seruan adalah fitur mail merge yang sudah tersedia dan siap dipakai.

Untuk mencetak label undangan silahkan gunakan komputer yang sudah terinstal didalamnya microsoft office (word maupun excel), dan juga sebuah printer untuk mencetak label usul.

Adapun langkah-langkah menciptakan label seruan yaitu sebagai berikut:

Langkah #1- Beli dulu lembaran stiker undangannya di toko-toko buku setempat

Saat ini striker label ajakan sudah banyak tersedia di toko-toko buku dan alat tulis, katakan saja ingin membeli stiker untuk label undangan. nanti anda akan dikasih pilihan, silahkan pilih ukuran label yang sesuai dengan yang diperlukan.

Langkah #2 - Buka aplikasi ms word, dan buat dokumen gres.

Silahkan untuk menciptakan dokumen baru di microsoft word, anda pasti tau caranya.

Langkah #3 - Atur Ukuran dan Margin Kertas

Silahkan ukur lebar dan tinggi stiker label permintaan yang anda sudah beli, dan ukur juga margin batas atas, kiri, bawah dan kanan, sehabis ukurannya diketahui  silahkan atur dokumen microsoft word agar ukurannya dan juga marginnya sesuai dengan kertas ajakan.

Untuk mengatur ukuran kertas:
Pilih menu Page Layout > lalu pilih tombol Size, pada hidangan yang muncul lalu pilih sub sajian paling bawah More Paper size..."
kemudian silahkan masukan di kotak isian width untuk lebar dan height untuk tingginya, jangan ditutup dulu

Untuk mengatur Margin (batas atas, kiri, bawah dan kanan) kertas:
Kemudian pada dialog page setup pilih tab margin, dan silahkan atur ukuran untuk, TOP atas, Left samping, Bottom bawah, dan right kanan, sesuaikan dengan ukuran margin kertas ajakan yang sudah anda ukur sebelumnya. lalu tekan tombol ok.

Langkah #4 - Membuat table sesuai ukuran

Buat Table dengan jumlah kolom dan baris sesuai dengan kertas stiker label usul, misal bila ajakan memiliki 3 kolom dan 4 baris, maka silahkan buat table dengan 3 kolom dan 4 baris.

a. Sebelum membuat table klik dan arahkan kursor pada sudut paling kiri atas dokumen, lalu pilih menu insert > table, silahkan buat table dengan 3 kolom 4 baris, hanya acuan, table akan tampil pada dokumen.

membuat table ms word


b. Arahkan mouse ke garis table paling bawah, klik dan tahan mouse, lalu Tarik garis table ke bawah batas dokumen.

Seleksi seluruh table memakai mouse, sementara table dalam kadaan terseleksi pilih menu layout >  klik tombol distribute rows dan distribut coumn, tujuannya biar lebar setiap kolom dan barisnya sama.

format table ms word

c. Table masih dalam keadaan terseleksi, tekan juga tombol alignment untuk mengatur posisi text, dan pilih salah satu tombol untuk mengatur agar text ditengah-tengah setiap kotak dalam table.

d. Buat garis-garis table agar kelihatan transfaran
Table masih dalam keadaan terseleksi, silahkan pilih hidangan Home > pilih format border, pilih No Border seolah-olah gambar di bawah ini:

format border ms-word

Maka Hasilnya akan terlihat seolah-olah di bawah ini:

Format label ajakan
Format label Undangan


Langkah #5 - Membuat daftar Nama dan Alamat

Sekarang buka aplikasi microsoft excel, kemudian tulis data nama dan alamat orang yang akan diundang seprti terlihat pada gambar di bawah ini

daftar seruan excel

Simpan di daerah yang simpel di susukan daftar alamat yang sudah anda buat, misal kasih nama file daftar-undangan.xlsx

Langkah #6 - Lakukan Mail Merge
Mail merge dipakai untuk menggabungkan data alamat di ms excel yang sudah dibentuk dengan ms. word dengan format label ajakan, agar nama-nama yang yang sudah dibuat di ms-excel secara otomatis mampu muncul di ms-word pada format label seruan.

Kembali ke dokumen ms-Word untuk format permintaan, untuk melaksanakan mile merge.

a. Pilih menu mailing > Tekan tombol Start Mail Merge > kemudian pilih Leters



b.  Tekan tombol Select Receipents > pilih Use Existing Lists.. Pada obrolan yang terbuka lalu cari dan pilih file daftar-alamat.xlsx yang sudah kita buat di microsoft excel sebelumnya.



c. Arahkan kursor di table, kolom 1 baris ke 1, lalu tekan tombol Insert Merge Fields > pilih Nama, sesudah text masuk silahkan enter supaya kursor ke bawah text, tekan lagi tombol Insert Merge Fields > pilih Alamat, tekan enter lagi semoga kurser ke bawah text, tekan tombol rules > pilih Next Record, kopikan tuliasan untuk semua cell table.




Hasilnya terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:

Format label undangan
Format label undangan

Jika mau silahkan sesuaikan format jenis tulisan ukuran goresan pena dan juga warna tulisan sesuai dengan yang anda inginkan.

Langkah #7 - Test dan Cetak Hasilnya

Test
Untuk melihat akhirnya, pilih menu mailing > kemudian tekan tombol Review Result, sebelah kanan,


Maka anda akan melihat tampilan daftar nama yang kita buat di ms excel, akan tampil di dokumen microsoft word, untuk melihat nama lainnya silahkan tekan tombol arah panah dan arah kiri di samping tombol di atas.

Print atau Cetak
Untuk mencetak label undangan yang sudah kita buat, silahkan tekan menu mailing > lalu tekan tombol Finish Merge, lalu pilih menu Print Dokumen untuk eksklusif mencetaknya, atau  tekan tombol Edit Individual dokumen, untuk melihat pada mode editor, data alamat akan tampil seluruhnya secara otomatis di beberapa dokumen sesuai dengan jumlah nama terdaftar dan anda bisa eksklusif mencetaknya.


Demikian artikel ihwal tutorial langkah-langkah cara cepat untuk membuat label ajakan otomatis di ms word, semoga bermanfaat