Cara mudah memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel

Cara simpel memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel - Sebelumnya aku pernah menyajikan bagaimana cara membuat nomor urut otomatis di microsoft excel, masih seputar microsoft excel kali ini saya akan coba mengembangkan tutotial bagamana cara menyampaikan nomor halaman / page number di setiap halaman microsoft excel yang akan dicetak.

Nomor urut halaman pada sebuah dokumen memang sangat penting, apalagi dokumen yang kita buat merupakan dokomen resmi, di microsoft word menyampaikan nomor halaman atau page number memang sangat mudah, hanya beberapa langkah saja nomor urut akan muncul.

Pemberian page number di ms excel


Beda halnya dengan ms excel, menyampaikan nomor urut halaman di setiap halaman microsft excel memang tidak semudah di ms word, perlu beberapa langkah untuk menyelesaikannya. untuk yang sudah ahli tentu ini bukanlah masalah sulit namun untuk pemula saya rasa akan sidikit dibuat galau, lantaran memang kemudahan pemberikan page number di ms excel sedikit tersembunyi.

Untuk anda yang kebetulan pemula dan belum banyak pengalaman mengoperasikan microsoft excel dan anda dikala ini sedang resah cara memberikan page number di lembar dokumen ms excel yang akan anda cetak, maka melalui artikel ini saya akan berikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat nomor halaman berurutan di ms excel.

Cara mudah memberikan nomor urut halaman atau page number di halaman microsoft excel

Jika anda memiliki dokumen ms excel yang ingin anda cetak dan di setiap halaman ms excel ingin muncul number halaman secara berurutan, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Aktifkan dan buka dokumen ms excel yang ingin anda berikan page number.

2. Pilih sajian page layout > kemudian tekan tombol page setup di pojok kanan bawah

page setup ms excel


3. Pada dialog page setup, pilih tab Header & Footer, tanpilannya seolah-olah gambar di bawah ini :

hader footer ms excel

Pada halaman page setup seperti gambar di atas, ada 2 pilihan untuk menyampaikan nomor halaman yaitu tombol custom header dan tombol custom footer,

Jika anda ingin memberikan halaman di belahan atas setiap lembar dokumen, maka silahkan tekan tombol Custrom Header.

Atau tekan tombol Custom Footer...jika menginginkan page number muncul di belahan bawah halalaman.

Sebagai acuan misal kita akan mencoba menyampaikan number di serpihan bawah halaman, maka yang harus diklik ialah tombol Custom Footer, selanjutnya akan muncul tampilan seolah-olah gambar di bawah ini:
page number excel


Pada dialog di atas, ada 3 kepingan kotak isian seperti yang diberikan kotak merah di atas, yaitu :
  • Left section, klik disini jikalau nomor halaman ingin muncul di kiri
  • Center section, klik pada cuilan ini jika  nomor halaman ingin muncul di tengah
  • Right section, klik ini jikalau nomor halaman ingin muncul di bagian kanan.
Silahkan klik pada salah satu kotak isian tersebut, biar kursor aktif disana, lalu tekan tombol Insert Number of page seakan-akan gambar tombol yang ditunjuk panah merah



Maka pada kotak tersebut aka muncul text &[Page].


Silahkan tekan tombol Ok jikalau simpulan.


Sampai langkah di atas, silahkan coba tampilkan print preview untuk dokumen ms excel anda, caranya klik sajamenu file > Print

Tampilan dokomen pun akan muncul page number yang letaknya sesuai dengan posisi yang anda tentukan di pengaturan di atas.

Itulah tutorial sederhana bagaimana Cara mudah menyampaikan nomor urut halaman (page number) di ms excel, selamat mencoba dan semoga berhasil.