Cara Mengatur Lebar baris / kolom ms excel secara bersamaan

Mengatur lebar kolom maupun lebar baris worksheet microsoft excel bahwasanya sangatlah simpel, lantaran microsoft excel benar-benar sangat user friendly, caranya cukup mengarahkan mouse ke garis antara kolom kemudian menggesernya, maka kolom pun akan menjadi lebar sesuai seberapa lebar kita menggesernya.

Begitu juga untuk baris, terkadang untuk beberapa keperluan baris worksheet microsoft excel juga ingin kita pertinggi / perlebar, caranya pun tidak jauh berbeda dengan memperlebar baris, kita tinggal mengarahkan pada garis antar baris lalu menggesernya ke penggalan bawah sesuai dengan tinggi baris yang ingin kita inginkan.

Cara tersebut cukup efektif jikalau kolom atau baris worksheet ms excel yang ingin anda perlebar hanya satu atau beberapa kolom saja, namun akan kurang efektif kalau kolom atau baris yang ingin anda perlebar jumlahnya sangat banyak.

Tapi hening saja lantaran Ada cara khusus yang dapat anda gunakan untuk memperlebar kolom ms excel secara bersamaan, dengan cara ini maka pekerjaan anda akan lebih singkat dan cepat.

Cara Mengatur Lebar baris atau kolom ms excel secara bersamaan

Cara mengatur lebar kolom atau baris ms excel secara bersamaan ialah sebagai berikut:

1. Buka worksheet microsoft excel anda.

2. Silahkan seleksi kolom-kolom yang ingin anda buat lebih lebar secara berasamaan.
Caranya klik pada satu kolom kemudian tahan, geser ke kolom yang lain semoga kolom-kolom tersebut terseleksi.


3. Kolom dalam keadaan terseleksi, silahkan arahkan mouse anda ke salah satu garis antar kolom yang terseleksi, hingga gambar kursor mouse berubah. tanpa plush dengan arah panah kiri dan kanan, seakan-akan terlihat di gambar di bawah ini:



Misal saya arahkan mouse di garis ujung kanan kolom i seolah-olah gambar di atas, kemudian kursor mouse sudah berubah klik dan tahan mouse, kemudian geser ke arah kanan atau kiri, sesuaikan lebarnya dengan yang anda inginkan, kalau lebarnya diarasa sudah sesuai lepaskan tombol mouse.

Dengan cara di atas maka otomatis, kolom-kolom yang terselseksi akan memiliki lebar yang sama satu sama lain.

Cara di atas mampu juga anda terapkan utuk memperlebar/ mempertinggi baris di worksheet ms excel anda.


Itulah Cara Mengatur Lebar baris atau kolom ms excel secara bersamaan, cara di atas mampu anda gunakan di ms excel 2003, 2007, 2010, 2013 dan ms excel terbaru. bagaimana simpel bukan, semoga cara di atas bermanfaat untuk anda.