Cara Menambahkan Nomor di halaman Microsoft Word (MS. Word)

Sebelumnya aku sudah menyajikan artikel tentang bagaimana cara menambahkan halaman gres di ms word, masih perihal panduan microsoft word, kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara menambahkan nomor halaman di ms word.

Cara Menambahkan nomor pada halaman di microsoft word (ms. Word)sebenarnya sangat simpel sekali, itu kalo anda sudah jago dan terbiasa mengunakan ms word, namun untuk anda pemula saya yakin kemungkinan anda akan sedikit dibuat bingung bagaimana caranya.

Di microsoft word sendiri baik itu ms word lawas seolah-olah ms word 2003, 2007, 2010, maupun ms word versi terbaru seolah-olah ms. word 2013, ms word 2016, posisi penomoran halaman ada 2 jenis, mampu di penggalan atas halaman atau bisa juga di serpihan bawah, penomoran halaman di pecahan atas maupun penggalan bawah mampu diletakan di kiri, tengah dan di sebelah kanan.

Selain posisi penomoran microsoft word juga menyediakan aneka macam format penomoran, sangat lengkap sekali, anda mampu memakai format penomoran angka 1,2,3 dst...., bisa memakai format penomoran i, ii, iii, dst...., bisa juga menggunakan a,b,c dst....,

Untuk menambahkan nomor halaman di ms word cukup dilakukan satu kali saja, nomor otomatis akan muncul di setiap halaman dengan beruruatan.

Ketika ingin menambahkan nomor halaman di ms word, peran anda hanya cukup menentukan posisi penomoran, dimana nomor halaman ingin muncul, dan juga format nomor yang ingin dipakai, apakah berformat angka, huruf, format huruf romawi dan format lainnya.

Kali ini aku akan coba menguraikan sebuah tutorial langkah-langkah bagaimana cara memasukan nomor halaman di ms word, apa yang aku uraikan diperlukan dapat membantu anda yang gres pertama kali menggunakan ms word dan ingin menambahkan nomor halaman pada dokumen ms word yang anda sedang kerjakan.

Cara Menambahkan Nomor di halaman Microsoft Word (MS. Word)

Cara menambahkan nomor halaman di ms word yang aku uraikan berlaku untuk semua versi microsoft word yang anda gunakan, baik ms word 2013, ms word 2017, ms word 2010, ms word 2013, maupun ms word 2016.

Langkah-langkah untuk menambahkan nomor halaman pada dokumen microsoft word ialah sebagai berikut:

1. Buka dokomen MS. Word anda

2. Pilih menu insert > page Number

cara menambahkan nomor halaman di ms word

Ada beberapa pilihan posisi nomor halaman yang bisa anda pilih mencakup:
  • Top Of Page, Pilih opsi ini jika Nomor halaman ingin muncul di bagian atas (header) baik itu atas kiri, atas tengah atau atas kanan
  • Bottom Of Page, Pilih opsi ini jikalau Nomor halaman ingin muncul di pecahan bawah (footer), baik itu di bagian bawah kiri, bawah tengah atau bawah sebelah kanan.
  • Page Margin, nomor halaman akan diletakan di margin kiri atau margin sebelah kanan.
  • Current Posisition tersedia di beberapa posisi tertentu.
  • Format page number, menentukan format penomoran apakah angka, huruf, abjad romawi dan lain sebagainya.
  • Remove page number, untuk menghapus nomor halaman yang sudah anda masukan sebelumnya.
Untuk menambahkan nomor halaman di ms word, anda tinggal menentukan salah satu posisi penomoran di atas, maka nomor pun akan muncul di setiap halaman ms word anda.

Misal sebagai contoh kita menentukan Bottom Of Page > Plain Nomor 3( bawah kanan)


Maka Nomor halaman akan muncul di bagian bawah sebelah kanan.

Merubah Format Penomoran ?

Secara default atau bawaan nomor halaman akan berformat angka 1,2,3 dst.... jikalau anda menginginkan format penomoran yang lain seolah-olah contohnya format romawi i,ii,iii.... atau format a,b,c... maka lankah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. pilih menu insert > page number > Format page number...

format page number

Kemudian pada obrolan format page number silahkan pilih page number yang anda inginkan, lalu tekan tombol ok


Format number pada setiap halaman akan menyesuaikan dengan format number yang anda pilih.

Demikian ihwal Cara Menambahkan Nomor di halaman Microsoft Word (MS. Word), agar bermanfaat.