Cara memperbaiki text boundaries garis-garis di ms word 2013 dan 2016

Cara mudah mengatasi / menghilangkan text boundaries garis spasi di ms word 2013 dan 2016 - Saya yakin jikalau Anda sering menggunakan aplikasi microsoft word (ms. word), anda tidak akan abnormal dengan fitur text boundaries, dan mungkin saja anda sering mengaktifkan fitur tersebut pada dokumen microsoft word anda, lantaran dengan mengaktifkan fitur text boundaries anda akan  secara terperinci mengetahui batas kanan, atas, kiri, bawah area untuk sajianlis di dokumen ms word.

Di ms word sendiri bentuk text boundary umumnya berupa garis putus-putus yang posisinya mengelilingi batas tepi  margin dokumen ms word yang bersangkutan, keberadaanya benar-benar bisa meningkatkan kenyamanan dikala mengetik dan bentuknya pun sangat rapi.

Sayangnya text yang terdapat di microsoft word versi 2013 ke atas termasuk ms word 2016, bentuknya tidak sebagus text boundaries yang terdapat di microsoft  word versi sebelumnya (2007 atau 2010), di ms word 2013 ke atas text boundary disajikan sedikit berbeda, bentuknya masih berupa garis putus-putus, namun kelihatan sedikit lebay alias berlebihan. lantaran text boundaries membentuk garis kotak-kotak memisahkan setiap baris goresan pena / paragraf.

Perbandingannya Terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:



Saya pribadi kurang yakin apakah itu merupakan sebuah bug (error) yang belum diperbaiki, atau memang dibuat sengaja seperti itu, namun yang jelas, keberadannya benar-benar menciptakan kurang nyaman pengguna, karenanya banyak pengguna ms word termasuk saya terutama yang menggunakan ms word 2013 s/d 2016 lebih menentukan tidak menampilkan text boundary.

Tapi Untungnya bentuk text boundary di ms word 2013 tersebut masih mampu diperbaiki dengan cara-cara tertentu, sehingga bentuknya kembali seakan-akan text boundaries di word versi sebelumnya.

Di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara mengatasi text boundaries yang membentuk garis kotak-kotak di ms word 1013 -  2016.

Cara mudah mengatasi text boundaries kotak-kotak di ms word 2013-1016


Untuk mengatasi penampilan text boundary lebay di ms word 2013 yang membentuk kotak-kotak dan garis spasi, langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download file Normal.dotm
File Normal.dotm merupakan file default bawaan ms word yang diload saat aplikasi msword diaktifkan, pada file ini tersimpan setingan dokumen yang pengguna buat.''

Silahkan download file Normal.dotm di atas untuk mengganti file Nomral.dotm yang lama

2. Pastikan aplikasi ms word dalam keadaan non-aktif (tidak dipakai)
Silahkan tutup dulu (close) kalau aplikasi ms word anda sedang dalam keadaan terbuka.

3. Selanjutnya silahkan Buka folder Users > AppData>Roaming>Microsoft>Templates
Pada halaman tersebut anda akan melihat sebuah File dengan Nama Norma.dotm

4. Silahkan ganti nama File Normal.dotm usang yang terdapat di folder tersebut dengan nama Normal_original.dotm, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



5. Kemudian kopikan file Normal.dotm hasil download ke dalam folder tersebut, terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:


6. Silahkan buka kembali aplikasi ms word di komputer anda, pastikan opsi text boundary sudah aktif
(diaktifkan melalui hidangan File > Options >Advanced > cari lalu centang opsi Text boundary), maka text-boundaries akan tampil normal seolah-olah pada aplikasi ms word 2010 atau 1007. terlihat seakan-akan gambar di bawah ini:

Menghilangkan garis spasi di word


Sampai langkah di atas text-boundary di aplikasi dokumen ms word anda akan menjadi normal kembali seperti gambar di atas.

Demikian artikel mengenai Cara mudah mengatasi text boundaries kotak-kotak di ms word 2013-1016, biar membantu, selamat mencoba !.