Cara membuat sebagian halaman MS Word menjadi landscape dengan mudah

Banyak pengguna komputer sudah tidak aneh dengan aplikasi ms word, sebuah aplikasi populur dari microsoft yang dapat digunakan untuk membuat dokumen. Kita ketahui bersama bahwa secara umum halaman microsft word biasanya memiliki format orientasi portrait, namun kita juga bisa dengan mudah merubahnya menjadi landscape kalau memang dibutuhkan.

Namun secara bawaan jika kita memilih format halaman ms word, baik itu portrait maupun landscape, akan membuat semua halaman dalam doumen ms word yang sedang anda buat semuanya akan mempunyai format yang sama, jikalau halaman diseting portrait maka semua halaman dalam dokumen tersebut akan portrait, begitu juga bila diseting secara landscape maka semuanya akan menjadi landscape.

Untuk beberapa masalah terkadang, pengguna menginginkan dalam satu dokumen orientasi halaman ingin dibuat berbeda, seolah-olah contohnya sebagian besar orientasi portrait namun beberapa halaman tertentu dibuat landscape.

Tapi untungnya, ms word terutama ms word 2007, ms word 2010, ms word 2013, semuanya sudah menyediakan fasilitas untuk menciptakan halaman tertentu landscape, namun akungnya fiturnya sedikit tersembunyi, sehingga untuk orang yang jarang memakai fitur tersebut akan cukup dibuat resah bagaimana cara menciptakan sebagian halaman ms word landscape.

Oleh lantaran itu di artikel kali ini aku akan uraikan untuk anda langkah-langkah mengganti halaman tertentu dalam dokumen ms word menjadi landscape sebagian. tidak sulit kok bila anda tau caranya.

Cara menciptakan sebagian halaman MS Word menjadi landscape dengan praktis

Untuk anda yang ingin mengganti salah satu halaman tertentu di dokumen ms word anda menjadi landscape, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Buka dokumen microsoft word anda.

2. Pada dokumen ms word, silahkan klik pada halaman yang ingin anda ganti atau anda ubah menjadi landscape.

3. Lalu pilih sajian Page Layout > Margins > Custom Margin....


4. Pada obrolan custom margin, silahkan anda ubah margin jikalau diperlukan, pilih Orientasi lanscape, lalu pada Opsi apply to pilih opsi "This point Forward"


5. Silahkan tekan tombol Ok bila sudah selesai, halaman ms word akan berganti menjadi landscape untuk halaman tersebut, akan terlihat kurang lebih seperti gambar di bawah ini:







Untuk mengganti sebagaian halaman ms word menjadi landscape sangat mudah bukan, silahkan dicoba sendiri.

Setelah pengaturan landscape maka halaman sehabisnya orientasinya akan sama, jadi anda bisa melakukan langkah yang sama bila halaman selanjutnya ingin dijadikan fortrait.