Cara Membuat Grafik di MS Word (Grafik Garis, XY, Batang, Persentase, Linear, Fungsi dll)

Cara Membuat Grafik di MS Word (Grafik Garis, XY, Batang, Persentase, Linear, Fungsi dll) - Microsoft word ialah aplikasi yang bermanfaat untuk menciptakan dokumen seakan-akan laporan, makalah dan lain sebagainya yang isinya didominasi oleh tulisan, selain tulisan kita juga bisa memasukan gambar, clipart, bentuk, memasukan table, dan juga diagram atau grafik.

Untuk grafik, Hampir semua microsoft word baik microsoft word 2007, ms word 2010, 2013 maupun ms word 2016, sudah menyediakan fitur untuk pembuatan grafik, bahkan menyediakan hampir semua bentuk grafik, seolah-olah grafik bentuk diagram batang, persentase (pie), linear, grafik fungsi, grafik Garis atau Grafik XY dan bentuk grafik lainnya.

Baca juga:
Cara menyisipkan table di ms word

Cara menciptakan grafik di microsoft word pun terbilang cukup praktis, apapun bentuk grafiknya, tugas kita sebagai pengguna cukup memasukan data-data angka dan label untuk ditampilkan di grafik, Microsoft word secara otomatis akan berbagi kita grafik sesuai dengan data yang kita input.

Sayangnya walaupun pembuatan grafik di microsoft word terbilang cukup mudah, tidak jarang masih banyak pengguna microsoft word, terutama yang baru pertama kali berinteraksi dengan microsoft word tidak tau atau lupa cara membuat grafik di ms word.

Oleh karena itu melalui artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana langkah-langkah menciptakan grafik di ms word, sehingga anda sebagai pemula mengetahui cara membuat grafik dengan benar.

Cara Membuat Grafik di MS Word (Grafik Garis, XY, Batang, Persentase, Linear, Fungsi dll)

Untuk anda yang kebetulan ingin membuat grafik di microsoft word, maka anda mampu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Apa yang saya uraikan di artikel ini, bisa anda terapkan hampir di semua versi microsoft word terutama microsoft word versi terbaru seolah-olah microsoft word 2007, ms word 2010, 2013 maupun ms word 2016.

Langkah-langkah membuat grafik di ms word yaitu sebagai berikut:

1. Buka Dokumen MS. Word

2. Klik pada area dimana anda ingin menyisipkan grafik di dokumen word anda.

3. Pilih hidangan Insert > Chart
Akan muncul dialog untuk memilih grafik seperti gambar di bawah ini:

Cara menciptakan grafik di ms word

Ada banyak sekali jenis grafik yang disajikan yang bisa anda pilih di bilah sisi kiri. meliputi:

a. Column (Grafik batang atau diagram batang)
b. Line (Grafik Garis)
c. Pie (Grafik Persentase)
d. Bar Grafik Batang Horizontal)
e. Area (Grafik area)
d. XY Grafik XY
e. Stock
dll.

Untuk menciptakan grafik anda cukup memilih bentuk grafik yang anda inginkan di sebelah kiri, kemudian pilih bentuk grafik di potongan atas, kemudian klik Ok.

Gambar Layout grafik akan muncul di dokumen ms word yang sedang anda buat disertai dengan tampilan Table aplikasi Microsoft Excel.

Menyisipkan grafik di ms word

Tampilan Microsoft excel dipakai untuk memasukan data grafik yang ingin anda buat.

4. Selanjutnya silahkan edit Table di ms excel yang muncul tersebut, Silahkan ganti category1, category 2 dengan data anda, begitu juga untuk Label Series 1, series 2 dll dengan data anda, dan jangan lupa angkanya silahkan input sesuai dengan angka yang ingin tampil di grafik.

Layout bentuk Grafik akan menyesuaikan dengan label dan data nilai yang anda input.

5. Jika data sudah diinput dengan benar, Silahkan Close Saja Tampilan Aplikasi MS Excel tersebut, Maka grafik pun akan tampil menyesuaikan dengan data yang anda input.

Langkah yang sama mampu juga anda terapkan untuk bentuk grafik lainnya sesuai dengan yang anda inginkan, tidak sulit peran anda hanyalah mengedit data di aplikasi ms excel yang muncul.

Cara Memperbaharui / Edit Data Grafik yang telah dibuat

Boleh jadi sesudah anda menutup tampilan data excel untuk grafik tersebut, mungkin saja ada data yang salah input, atau mungkin anda ingin mengedit kembali data grafik tersebut, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Klik-Kanan pada grafik yang sudah anda buat, kemudian pada popup hidangan yang muncul, silahkan pilih sajian Edit Data > Edit Data.
Maka akan muncul tampilan Table excel untuk mengedit data grafik tersebut.

2. Silahkan sesuaikan data grafik tersebut, jika sudah silahkan close saja tampilan table excelnya, grafik pun akan kembali menyesuaikan dengan data yang anda input.