Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan anjuran - Sebenarnya daftar isi dibuat untuk memudahkan pembaca menemukan sub-sub kepingan dalam sebuah dokumen baik itu dokumen skripsi, tesis, makalah, usulan, buku bacaan, karangan ataupun dokumen lainnya, sebuah dokumen yang memiliki banyak halaman sangat penting sekali untuk dibentukkan daftar isi agar lebih mudah untuk di navigasi.

Isi dari daftar isi intinya ialah judul-judul dan sub-sub judul beserta halaman untuk judul dan sub judul tersebut yang ada didalam dokumen, tampilannya biasanya terstruktur, judul menjorok paling kiri, lalu sub-sub judul menjorok ke kanan sehingga kelihatan rapih.

daftar isi otomatis ms-words
Daftar isi ms words

Di microsoft word versi terbaru baik itu ms word versi 2007, 2013, maupun 2016, bekerjsama sudah disediakan fasilitas otomatis untuk menciptakan daftar isi, dengan kemudahan ini anda bisa membuat daftar isi hanya dalam hitungan detik dengan beberapa kali klik saja, akungnya fitur ini kadang terlewat untuk digunakan dikarenakan banyak para pengguna yang belum tau caranya, pada akhirnya mereka menentukan cara-cara manual atau cara kurang praktis, contohnya saja menggunakan tabulasi untuk menampilkan titik-titik, atau ditulis pribadi secara manual.

Nah di kesempatan kali ini saya akan coba share ihwal cara membuat daftar isi dengan sangat cepat, hanya dengan beberapa klik saja maka daftar isi untuk dokumen anda akan otomatis dibuat dengan struktur yang rapi tentunya.

Persiapan Sebelum membuat daftar isi otomatis di ms Word

Berikut adalah persiapan untuk menciptakan daftar isi otomatis baik di microsoft word 2016, 2013, 2010 maupun microsoft word 2007 yang mampu anda gunakan untuk daftar isi makalah, anjuran, skripsi ataupun dokumen lainya.

Persiapan menciptakan daftar isi otomatis yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan hukum penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibentuk 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tapi harus tekan tombol shift+enter agar si text pindah ke baris berikutnya, karena bila menekan enter saja, maka akan kuat ke daftar isi yang tidak rapi.

Misal aku ingin membuat judul BAB I PENDAHULAN, tapi aku ingin  tulisan BAB I ada di atas dan goresan pena PENDAHULUAN di bawahnya, misal seperti di bawah ini

BAB I
PENDAHULUAN

Biasanya supaya pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (semoga anda paham)

2. Judul Bab dan sub-sub judul Bab harus menggunakan Format Heading
Memang pada umumnya judul-judul yang dibentuk biasanya menggunakan ukuran font besar kemudian ditebalkan (Bold), tapi untuk persiapan menciptakan daftar isi otomatis Judul-judul harus disajikan menggunakan heading.

Untuk judul bab memakai format heading 1, dan sub-sub bab memakai heading 2 kalau sub-sub judul memiliki sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.


Cara agar text judul dan sub-sub judul memakai format heading adalah sebagai berikut:

Pilih goresan pena judul yang ingin diformat kemudian blok (seleksi), kemudian Tekan menu home, lalu klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, seakan-akan gambar di bawah ini:

group styles ms word

Dengan menekan hidangan heading, maka tampilan goresan pena judul akan sesuai dengan format heading yang dipakai.

Silahkan format judul dan sub-sub judul menggunakan heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, kalau sub judul memiliki sub-sub judul lainnya maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.

3. Modifikasi format Heading
Heading secara default memiliki warna text biru muda, semoga warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan kita harus memodifikasinya terlebih dahulu sebelum heading tersebut digunakan untuk format judul dan sub-sub judul.

Caranya pilih menu home, lalu lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan modifikasi dulu format heading-heading yang tersedia supaya sesuai dengan yang kita inginkan.

Misal heading 1, saya ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih sajian modify, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

modifikasi heading ms word


Pada obrolan pengaturan silahkan anda atur biar heading yang nanti akan kita gunakan untuk memformat goresan pena sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.

Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,pastikan bahwa judul bagian dan sub-sub judul bagian sudah diformat menggunakan heading1,2,3....


Langkah-langkah membuat daftar isi Otomatis secara cepat

Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun ajuan), judul bagian dan sub-sub judul bab sudah menggunakan format heading. langkah selanjutnya adalah menciptakan daftar isi otomatis.

1. Ingat daftar isi yang dibentuk harus didalam dokumen yang sama, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin membuat halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut lalu tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.

2. Pilih menu preferensece kemudian pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih tampilan daftar isi pada sajian yang tersedia.

daftar isi otomatis ms words

Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat seolah-olah gambaran gambar di bawah ini (hanya sekedar pola):
daftar isi

Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda inginkan misalnya Daftar Isi.

Jika terjadi perubahan judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan goresan pena dan lain sebagainya, maka sehabis tamat dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang sudah dibuat sebelumnya, lalu tekan tombol Update Table... yang muncul. ini semoga daftar isi melakukan perubahan sesuai dengan perubahan halaman yang terjadi.

***

Daftar isi yang dibentuk dengan cara ini maka, setiap daftar isi mampu diklik, dan kalau diklik akan menuju ke halaman yang dimaksud.


Itulah artikel ihwal  Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi, anjuran, semoga bermanfaat.