Mengenal Wireless Microphone Lebih Dekat

serhamo.net - Wireless microphone ​merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pengeras bunyi. Lazimnya alat pengeras bunyi bekerja dengan bantuan kabel untuk dikoneksikan pada sumber daya listrik. Tetapi dengan bantuan teknologi kini microphone bisa bekerja secara ​wireless ​alias tanpa kabel. Namun harga mic wireless lebih mahal daripada harga microphone dengan kabel.

Cara Kerja Wireless Microphone

Microphone biasa digunakan untuk banyak sekali kegiatan yang membutuhkan bantuan alat pengeras bunyi agar bunyi seseorang bisa didengar dalam jangkauan lebih luas dengan pendengar yang lebih banyak. Biasanya microphone dibutuhkan seorang pembicara dalam seminar atau sebuah acara formal dan non formal, orator yang hendak berpidato atau penyanyi untuk memperdengarkan lagu.

Dahulu pembicara yang menggunakan mic harus memperhitungkan panjang kabel ketika hendak menempatkan posisi dirinya. Tetapi semenjak ditemukannya teknologi tanpa kabel, gerak tubuh pemakai mic bisa lebih fleksibel.

merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pengeras bunyi Mengenal Wireless Microphone Lebih Dekat

Komponen-komponen dan cara kerja mic wireless merupakan sebagai berikut:

1. Bagian Input

Input diperoleh dari bunyi pengguna yang diterima mic. Proses tersebut kemudian menghasilkan sinyal audio yang disimpan dalam mic. Input ini kemudian terhubung dengan bagian pemancar

2. Pemancar

Pemancar atau transmitter terdiri dari banyak sekali rangkaian komponen yang dirancang agar bisa memancarkan gelombang bunyi pada frekudapan manisnsi tertentu. Pada mic wireless bagian ini berupa baterai 9 volt yang dipasang di bagian ekor.

3. Penerima

Penerima atau receiver pada mic wireless disebut juga amplifier. Fungsinya merupakan mendapatkan sinyal radio dari pemancar. Agar bisa saling terkoneksi, pemancar dan penerima harus berada pada frekudapan manisnsi yang sama.

Tips Memilih Wireless Microphone

Wireless microphone dapat dibeli di toko musik yang menjual perlengkapan elektronik. Bisa juga dibeli di marketplace secara online. Terdapat banyak sekali merk dengan penawaran harga yang bersaing. Agar bisa mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan, maka tips berikut ini layak dipertimbangkan sebelum membeli mic wireless:

1. Sesuaikan Dengan Anggaran

Berbagai merk mic wireless memberikan harga dan fitur mic yang berbeda-beda. Pilih mic yang sesuai dengan kebutuhan. Jika hanya dipakai untuk bernyanyi karaoke di rumah sendiri misalnya, tidak perlu harga mic yang terlalu mahal. Tetapi kalau digunakan untuk pengajian atau acara formal bisa memilih mic berkualitas terbaik untuk hasil terbaik.

2. Perhatikan Review Pengguna Sebelumnya

Cari beberapa merk mic wireless di internet. Bandingkan review dari para penggunanya. Review ini bisa diperoleh dari vlog di instagram atau youtube. Dan pengalaman para pemakai mic tersebut bisa juga diperoleh dari testimoni pembeli di lapak marketplace yang menjual produk tersebut

3. Minta Bantuan Penjual di Toko Elektronik

Tanyakan saran penjual di toko untuk memberikan pandangan perihal merk wireless microphone​ yang sesuai dengan kebutuhan

4. Periksa Kembali Kondisi Fisik Mic

Lihat dan periksa fitur-fitur yang dijankalaun oleh merk tersebut. Satu fitur penting merupakan adanya lubang Aux. Lubang Aux berfungsi sebagai koneksi mic wireless dengan speaker aktif dengan bantuan bluetooth. Metode ini akan membantu memperbaiki kualitas bunyi kalau hasil speaker micnya kurang memuaskan.

5. Teliti dan Pelajari Fiturnya Terlebih Dahulu

Jangan tergoda merk ternama. Sesuaikan fitur dengan kegunaannya. Jika tak perlu aksesori lampu-lampu pada badan mic, tak usah memaksakan membeli mic dengan fitur tersebut sebagai bagian dari penampilan.

Memilih wireless microphone tidak sulit kalau paham tips dan triknya. Kini membeli barang elektronik tidak perlu keluar rumah. Beli mic wireless bisa melalui Bukalapak. Barang bisa cepat hingga dan acara karaoke bareng bisa berjalan lancar.