Ribuan File Data Pribadi Militer dan Intelejen AS Bocor ke Internet

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   9/04/2017 06:02:00 pm
AS militer Serhamo.net - Ribuan file data pribadi milik mantan militer dan intelejen AS diketahui telah bocor ke internet. Sedikitnya terdapat 9.400 file dokumen termasuk berkas daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja ditemukan dalam penyimpanan web server Amazon. Kejadian ini ditemukan oleh perusahaan keamaan siber, Upguard.

Setelah ditelusuri ribuan berkas tersebut ternyata berasal dari TigerSwan, sebuah perusahaan keamanan internasional yang berbasis di Amerika Serikat. Parahnya, berkas-berkas lamaran pekerjaan yang bocor diantaranya sudah diajukan sejak tahun 2008. Tepat tahun dimana perusahaan TigerSwan berdiri.

Dilansir dari Engadget (4/9/2017) Bukan hanya data sensitif mantan militer dan intelejen AS saja yang bocor, namun juga yang saat ini sedang menjabat. Data pribadi pejabat pemerintah pun ikut bocor ke intenet. diantaranya mantan pekerja PBB di Timur Tengah, dan mantan duta besar AS untuk Indonesia. Ini juga termasuk para penerjemah untuk pasukan AS dan Koalisi yang bertempat tinggal di Irak dan Afghanistan.

Mengkonfirmasi hal ini, TigerSwan mengatakan kebocoran data sensitif ini bukan disebabkan oleh pihaknya namun TalentPen, perusahaan pihak ketiga yang bertugas menerima dan mengelola data pelamar kerja baru. TigerSwan menegaskan hal ini bukan bentuk dari pelanggaran data.

Ribuan file itu diketahui telah mulai diupload pada bulan Febuari lalu dan masih ada sampai pada bulan Juli. Sebelum akhirnya ditemukan oleh Chris Vickery, direktur riset keamanan Upguard ini mengatakan, kebocoran data sensitif ini terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi pada sistem keamanan. Baru pada tanggal 24 Agustus lalu TigerSwan mengkonfirmasi ribuan dokumen yang bocor sudah berhasil diamankan.

Tampilkan Komentar