Jolla Resmi Segera Luncurkan Sailfish OS untuk Sony Xperia X, Dipatok dengan Harga yang Mahal

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   8/27/2017 08:41:00 pm
Sailfish OS Xperia X Serhamo.net - Melalui tulisan diblognya, Jolla secara resmi mengumumkan akan segera meluncurkan Sailfish OS untuk smartphone seri andalan dari Sony yakni Xperia X. Sistem operasi Sailfish yang akan mengoptimalkan Xperia X ini bernama 'Sailfish X'.

Sailfish OS saat ini memang tengah berjuang untuk mendapatkan perhatian dikalangan pengguna smartphone, kerjasamanya dengan Sony diharapkan bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk menaikan nama sistem operasi buatan Jolla ini. Diketahui Jolla sebelumnya gagal bermitra dengan beberapa perusahaan ponsel seperti Intex, Fairphone, dan TRI (Turing Robotics Industries).

Sistem operasi Sailfish X akan mulai pertama kali membuka pemesanan ditanggal 27 September 2017 di Eropa dan akan mulai menjualnya pada tanggal 11 Oktober mendatang. Ya sistem operasi ini tidak lah gratis, bagi kalian yang menginginkannya harus membeli terlebih dahulu. Harganya pun tidak murah, Jolla mematok harga Sailfish X senilai 49,90 Euro atau sekitar Rp. 793 ribu.

Selain di Eropa, Jolla diharapkan juga akan merilis Sailfish X akhir bulan September nanti di Amerika Utara. Dibanderol dengan harga mahal, OS Sailfish X ternyata memiliki beberapa masalah untuk mendukung fitur di smartphone Xperia X seperti tidak bisa digunakannya Bluetooth, sensor sidik jari, Radio FM, step counter dan Barometer.

Masalah seperti ini sebenarnya wajar mengingat belum terujinya Sailfish X di Sony Xperia X, oleh karena itu pengguna harus menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan update Sailfish X di smartphone guna mengatasi bugs yang ada.

Saat proses instalasi, Sailfish X awalnya nanti akan tersedia tanpa GUI oleh karena itu diperlukan PC berbasis Linux untuk dapat menginstallnya. Kemungkinan Jolla baru akan menyediakan bundel GUI untuk pemasangan sistem operasi yang lebih mudah beberapa waktu kedepan setelah penjualan awal. Dan perlu diingat, Sailfish X hanya akan berjalan di smartphone Sony Xperia X (dengan SIM tunggal) yang tidak terkunci (unlocked).

Tampilkan Komentar