Intel Perkenalkan Myriad X, Chip computer vision Untuk Robot dengan Teknologi Baru

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   8/29/2017 09:52:00 pm
Gambar Chip Myriad X Serhamo.net - Intel sudah genap satu tahun mengakuisisi atas perusahaan pembuat prosesor Movidius, untuk memperingati Intel merayakannya dengan memperkenalkan chip buatan terbaru yang diberi nama Movidius Myriad X Vision Processing Unit (VPU).

Chip ini sekaligus merupakan penerus dari Myriad 2 yang dirilis tahun lalu. Memiliki fungsi yang sama dengan pendahulunya, Movidius Myriad X dilengkapi dengan teknologi Neural Compute Engine yang dapat memberikan sebuah sistem kecerdasan buatan pada perangkat seperti, drone, kamera, robot, headset VR/AR dan perangkat lainnya.

Dengan adanya Neural Compute Engine, perangkat yang dipasangi chip ini memiliki kemampuan belajar sendiri yang kuat untuk menafsirkan lingkungan di sekitarnya. Contoh kamera yang dipasangi chip Myriad X VPU, kemungkinan bisa dapat memberikan informasi detail dari sebuah gambar seperti mengindentifikasi seseorang yang berada di dalam gambar itu.

JIka Myriad 2 memiliki kemampuan maksimal operasi mencapai 1-1.5 triliun per detik, maka Myriad X ini diketahui mempunyai kemampuan maksimal operasi mencapai hingga 4 triliun per detik. Mengesankan apa yang telah dilakukan Intel dalam satu tahun terakhir.

"Dengan kecerdasan yang lebih cepat dan lebih luas tertanam langsung ke perangkat, membuka potensi untuk membuat dunia kita lebih aman, lebih produktif dan lebih personal yang tidak terbatas," kata Vice President Intel, Remi El-Ouazzane dalam sebuah tulisannya diblog.

Chip prosesor yang hanya memiliki ukuran sebesar kuku jari ini tidak diragukan lagi akan menjadi bagian besar dibidang pemroses visual untuk Intel. Lalu berapa harganya ? Soal itu Intel saat ini belum memberikan informasi terkait harga.



Source|TechCrunch

Tampilkan Komentar