Google Jual Divisi Pengembang Robot Ternama Boston Dynamics Ke Perusahaan Jepang

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   6/11/2017 12:48:00 pm
Robot Ciptaan Boston Dynamics Serhamo.net - Dalam dunia robot, nama Boston Dynamics bukanlah hal yang asing lagi. Divisi yang dibeli Google ditahun 2013 lalu ini menjadi salah satu pemimpin dalam pengembangan robot di dunia. Namun meski begitu, divisi robot itu ternyata belum bisa memenuhi kebutuhan yang diinginkan sang raksaksa teknologi, Google.

Boston Dynamics memang sangat handal dalam membuat robot yang memiliki pergerakan seperti mahkluk hidup, namun hal tersebut sepertinya tidak terlalu diutamakan Google, karena harapan Google sendiri ketika membeli Boston Dynamics dapat langsung memproduksi robot untuk mendapatkan sumber pendapatan baru.

Pengembangan robot yang terlalu lama ditambah pengunduran diri pimpinan divisi, Andy Rubin membuat masa depan divisi robot Google menjadi tidak jelas dan berakhir dengan putusan Google untuk menjual Boston Dynamics pada tahun lalu.

Sekarang Google sudah menemukan perusahaan yang mau membeli Boston Dynamics. Perusahaan yang dimaksud adalah Softbank, bukan hanya Boston Dynamics yang dibeli namun juga divisi robot Google lainnya yakni Schaft. Tidak diketahui berapa nilai yang dikeluarkan Softbank untuk mengakuisisi dua divisi robot Google itu, tapi diketahui bahwa anak perusahaan lain Softbank ikut menyumbangkan dana.




Boston Dynamics terakhir menarik perhatian dunia dengan robotnya yaitu ketika menggelar presentasi di konferensi, Beverly Hills, California. Boston Dynamics memperkenalkan robot lincah baru bernama handel yang difungsikan untuk dapat melaksanakan tugas sebagai pekerja gudang. Meski memiliki bentuk yang sangat aneh, namun robot ini mampu berperan sebagai pekerja gudang dengan sangat baik. Keahlian mencolok yang dimiliki handel adalah dirinya mampu melakukan putaran dan loncatan dengan baik, tentunya kemampuan ini sangat berguna untuk pergerakan dirinya di dalam gudang.

Selain itu Boston Dynamics juga menunjukan robot SpotMini dengan sistem baru. SpotMini memukau hadirin dengan menunjukan kemampuannya mencuci piring dan mengantarkan minuman dengan sangat baik. Menarik untuk nantikan bagaimana kelanjutan cerita dari pimpinan teknologi robot itu setelah diakusisi Softbank.

Tampilkan Komentar