WWDC 2017: Apple Luncurkan iOS 11, Ini Fitur baru yang Dimilikinya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   6/06/2017 08:55:00 pm
Apple Luncurkan iOS 11
Serhamo.net - Lewat ajang Worldwide Developer Congress (WWDC) 2017, Apple resmi merilis sistem operasi mobile terbarunya yaitu iOS 11. Peluncuran ini menjadi acara yang sangat penting karena banyak sekali penggemar Apple yang menantikannya. Ketika diperkenalkan CEO Apple, Tim COOK, iOS 11 mengusung banyak sekali perubahan inti sistem operasi teknologi dibarengi dengan tambahan fitur user interface dan user experience.

Lalu apa saja yang baru di iOS 11 ? Dilansir dari KOMPAS, berikut ini adalah sejumlah fitur-fitur baru yang yamg dimiliki sistem operasi iOS 11.


Fitur penggunaan Keyboard satu tangan
iOS 11 menghadirkan fitur keyboard satu tangan, dimana ketika dioperasikan keyboard dapat ditampilkan rapat kiri atau rapat kanan.

Akses Siri dan Penyempurnaan Siri
Akses siri sekarang bisa lebih cepat, kalian bisa menggunakan Siri langsung dengan menekan tombol home, setelah itu akan muncul keyboard untuk mengetik sesuatu yang pengguna inginkan. Apple juga menyempurnakan Siri di iOS 11 salah satunya membuat suara Siri terdengar lebih alami ketika merespon pengguna, dan hadir dengan terjemahan bahasa yang lebih banyak.

Control Center Sistem Operasi
Control center di iOS 11 benar-benar didesain ulang oleh Apple, pengguna kini dapat mengatur sendiri apa yang ingin ditampilkan di Control Center lewat Settings dan tentunya dengan banyak pilihan yang tersedia.

Drag and Drop (Seret dan Masukan)Fitur ini hadir diperangkat Apple iPad, fitur ini memungkinkan pengguna memindahkan foto atau media lain dari layar aplikasi satu ke layar aplikasi sebelahnya dengan cepat.

Fitur Aplikasi Kamera ditingkatkanPengguna iOS 11 nantinya akan dapat mengambil gambar Portrait Mode dibarengi dengan stabilizer image, flash atau HDR. Efek Loop dan Bounce yang baru dapat pengguna gunakan di Live Photos, serta penggunaan High Efficiency Image File Format (HEIF) guna mengecilkan penyimpanan untuk foto di iPhone Anda.

Manajemen penyimpanan lebih baik
Dengan manajemen penyimpanan yang baru, pada bagian tab "storage dan icloud usage" kini berubah menjadi hanya "iPhone storage", menampilkan infromasi ruang kapasitas yang masih tersedia di perangkat. iPhone storage juga merekomendasikan pengguna  untuk dapat memaksimalkan kapasitas yang ada.

Perombakan tampilan App Store
Apple mendasain ulang kembali App store di iOS 11. Hadirnya tab "today" baru yang akan menampilkan peluncuran penting serta aspek edittorial yang lebih besar ke app stoe.

Otomatis hapus Aplikasi
Di bagian menu Settings Aplikasi iOS 11, terdapat pilihan untuk menghapus aplikasi secara otomatis jika aplikasi tersebut jarang digunakan.  Namun meski begitu, data aplikasi yang dihapus tersebut tetap disimpan jika sewaktu-waktu pengguna kembali memasang aplikasi.

Screen recording
Di iOS 11 kalian bisa merekam aktivitas layar yang sedang aktif di iPhone atau iPad secara otomatis. Screen recording ada di bagian control center.

Smart Invert
Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah tampilan sistem operasi dan aplikasi yang ada. Smart invert mirip dark mode namun tidak merubah elemen user interface yang ada.

Apple Music, Airplay 2, Homekit 2, dan Multi-roomm Audio
iOS 11 nantinya akan memperkenalkan dukungan audio multi ruang antara iPhone, iPads, dan sejumlah speaker pihak ketiga. Sementara Apple music menambahkan elemen sosial yang akan membantu pengguna mengetahui musik apa yang sedang di dengar teman-teman anda secara real-time.

Secara garis besar,  itulah fitur utama yang dibawa Apple di iOS 11. Masih banyak lagi fitur yang dimiliki iOS 11.

Lalu bagaimana untuk dukungan perangkat yang kompatibel dengan iOS 11 ?  Sistem operasi mobile Apple ini hana akan mendukung perangkat Apple yang mempunyai Chip A7 terbaru, termasuk di antaranya adalah iPhone 5s, SE, 6 Plus, 6s Plus, iPhone 7, 7 Plus,  iPad generasi 5, iPad Air, iPad Air 2, semua seri iPad Pro, dan iPad mini 2 serta yang lebih baru.


Kapan pengguna perangkat mobile Apple dapat menggunakan iOS 11 ?
Sementara ini Apple belum mengungkap waktu kapan datangnya iOS 11 diperangkat mobile Apple, tapi kemungkinan besar Apple masih belum akan melepas iOS 11 bulan Juni ini. Kita nantinya saja pengumuman Apple selanjutnya

Tampilkan Komentar