Tahun Ini Belanda akan Gunakan Panas Server data untuk menghangatkan Air Secara Gratis

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   6/17/2017 03:59:00 pm
Belanda akan Gunakan Panas Server data untuk menghangatkan Air Serhamo.net - Peralatan elektronik seperti laptop atau komputer yang dipakai untuk durasi yang cukup lama dapat mengeluarkan suhu panas yang berlebih, mungkin kalau hanya beberapa komputer saja panas tersebut tidak akan terlalu berefek pada suhu sekitar namun kalau kita mengacu pada 'pusat data' yang berisi puluhan ribu server komputer maka panas server menjadi masalah yang cukup sulit untuk ditanggulangi.

Salah satu solusi yang dilakukan perusahaan pemilik guna meredam suhu panas server data adalah dengan memindahkan fasilitas ke lingkar Arktik dan menenggelamkannya ke dalam air. Tentu cara ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan cara ini bukan merupakan solusi yang terbaik. Untuk itu Nerdalize perusahaan asal belanda memiliki pendekatan masalah yang berbeda. Alih-alih membuang suhu panas, Nerdalize malah ingin memanfaatkan panas server data untuk dijadikan alat pemanas rumah.

Nerdalize tahun 2015 lalu telah meluncurkan contoh skema yang menggunakan suhu panas server untuk memanaskan air, dengan begitu masyarakat Belanda dapat menggunakan air hangat untuk mandi secara gratis. Awal Juni ini Nerdalize sudah mendapat dukungan sebanyak 3500 ribu orang dan telah berhasil melampaui target crowdfunding mereka sebesar 330.000 Euro atau sekitar Rp. 4.9 Miliar.

Mulai Agustus nanti Nerdalize akan mulai datang ke rumah-rumah untuk memasangkan server, rencananya ada 42 rumah yang akan dilengkapi dengan server oleh Nerdalize guna memanaskan pasokan air mandi keluarga.

Nerdalize menjanjikan skenario "win-win-win" , dimana pemilik rumah hanya akan membayar biaya pemasangkan server serbesar 300 euro atau sekitar Rp. 4.4 Juta untuk memanaskan air rumah selama satu tahun. Sementara itu perusahaan pemilik server dapat menghemat layanan server sebesar 50 persen.

Sangat inovatif apa yang sudah dilakukan perusahaan startup asal belanda ini, ini bisa menjadi solusi jangka panjang untuk masalah suhu panas server. Menarik melihat apakah Nerdalize akan sukses menjalani bisnis ini, dan menjangkau bisnis ke berbagai negara.



Source|The Verge

Tampilkan Komentar