Overclocking Intel Core i7-7740K KabyLake-X dengan Platform X299 Tembus 7.5GHZ

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   6/08/2017 02:38:00 pm

Overclocking Serhamo.net -  Ajang pameran internasional Computex 2017 menjadi pintu keluar Intel untuk memperkenalkan platfrom terbaru mereka, Intel X299. Platform ini mempunyai jenis CPU dengan code name Skylake-X dan KabyLake-X. Di event tahunan ini, sekelompok overclocker dari berbagai belahan dunia serta vendor ternama seperti ASUS, AsRock, MSI dan Gigabyte berkumpul untuk berlomba-lomba memecahkan rekor dunia overclocking diplatform terbarunya Intel.

Keseluruhan ada 11 rekor dunia baru yang berhasil dipecahkan para overclocker dunia di CPU Intel® Core™ X-series. Sementara itu ada 30 rekor Global First Places yang berhasil diraih, jenis rekor ini merupakan rekor dunia yang didapatkan berdasarkan kategori spesifik prosesor per core.

Vendor Motherboard Gigabyte keluar menempati urutan teratas rekor dunia overcloking di Intel X-series. Dengan Motherboard Gigabyte X299-SOC Champion, team vendor asal taiwan ini mampu menghentak clockspeed Intel Core i7-7740 Kaby Lake-X hingga 7.5GHz!
Team overclock Gigabyte menggunakan liquid helium ditemperature titik didih -250° Celsius untuk mendobrak Core i7-7740K Kaby Lake-X tembus dikecepatan 7.5GHz. Sebagai informasi saat pengujian, team overclock Gigabyte menggunakan komponen kartu grafis Aorus GeForce GTX 1080 Ti dan RAM G.Skill Trident-Z 3600C17.

Masih dengan CPU dan komponen yang sama namun dengan perpaduan memori antara Corsair Vengeance LPX 4.333MHz dengan memori G.Skill, team ini juga secara berurut berhasil memecahkan rekor dunia baru dalam 3DMark03, 3DMark06 dan Aquamark.

Dengan hasil ini kerja keras team overclock Gigabyte terbayar sudah, dan karena ini masih awal menarik menantikan bagaimana para overcloker dunia mendorong Intel X-series ke tahap speed yang lebih ekstrim.

Sementara itu untuk hasil dari Core i9-7900X Skylake-X mendapatkan clockspeed hingga 5.8GHZ. Sebagai pengingat, hasil rekor dunia clockspeed semua ini didapat menggunakan pendingin liquid helium, jadi jangan harap mendapatkan clockspeed prosesor yang sama ketika kalian membelinya nanti. Prosesor Intel X-series ini akan segera tersedia dalam waktu dekat, kita nantikan saja.

Tampilkan Komentar