Microsoft Perkenalkan Windows 10 S, OS untuk Kalangan Pelajar

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   5/02/2017 10:45:00 pm
Windows 10 S Serhamo.net - Di acara yang bertemakan edukasi di New York City, Microsoft hari ini umumkan edisi baru dari sistem operasi terbarunya yakni Windows 10 S.  Microsoft menyebutnya sebagai sistem operasi versi 'ringan' dari WIndows 10, artinya sistem operasi ini dioptimalkan agar dapat berjalan diperangkat dengan spesifikasi rendah.

Windows 10 S dijual dengan menargetkan pasar pendidikan yang akan digunakan oleh kalangan palajar dan guru disekolah. Microsoft menjadikan Windows 10 S sebagai penantang Google Chromebook yang saat ini mulai banyak digunakan pelajar karena harganya yang murah. Microsoft sendiri akan mulai menyebarkan sistem operasi Windows 10 S pada musim panas ini bersama dengan mitra perangkatnya seperti Acer, Asus, HP, TOSHIBA dan dijual mulai dengan harga 189 dollar AS atau sekitar Rp. 2,5 Juta.

Windows 10 S merupakan sistem operasi yang sederhana dimana OS hanya akan dapat menjalankan aplikasi yang didapat melalui Windows store. Ini termasuk aplikasi seperti Universal Windows Platform (UWP) dan Win32 yang telah resmi masuk store, dan tentunya aplikasi Office untuk keperluan belajar.

Sementara untuk aplikasi yang ada di luar Windows store, sama sekali tidak akan bisa diinstall pada perangkat Windows 10 S. Hanya aplikasi resmi atau yang berada di Windows store saja yang bisa kalian install. Ini seperti Microsoft membuat platform versi lain dari Windows

Seperti yang sudah dikatakan, kelebihan Windows 10 S adalah sistem operasinya yang ringan dengan manajemen sistem yang ringan juga, membuat Windows 10 S mempunyai waktu login yang cepat. Dikatakan Microsoft, sistem operasi barunya ini memiliki waktu login 15 detik lebih cepat ketimbang Windows 10 pro. Dalam acaranya, Microsoft juga mengatakan bahwa Windows 10 S sangat mudah dan cepat untuk diinstall diratusan PC hanya dalam waktu satu hari saja.

"Windows 10 S ditunjukan untuk memecah batasan pengguna antara siswa dan guru, dimana kalian tidak perlu menangani manajemen berat, OS ini akan menganani semuanya" kata Joe Belfiore seperti dikutip dari VentureBeast.  "Windows 10 S memberikan janji untuk meningkatkan masa pakai baterai, akses masuk yang lebih cepat serta menyediakan konfigurasi cloud-aware." tambahnya.

Kita nantikan sejauh mana Windows 10 S akan saingi Chromebook, musim panas nanti kita akan lihat seperti apa perangkat yang berjalan di Windows 10 S dan pengalaman seperti apa yang ditawarkan Microsoft di sistem operasi barunya ini.





Source | VentureBeast


Tampilkan Komentar