Google AI sekarang hadir di Raspberry Pi, Mengubahnya Menjadi Asisten Virtual Pribadi Murah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   5/05/2017 01:26:00 am
Raspberry Pi asisten virtualSerhamo.net - Setelah terjalinnya kerjasama dengan Raspberry Pi, Google dan perusahaan pembuat komputer mini itu akhirnya memperkenalkan teknologi baru yang dimiliki komputer Raspberry Pi. Teknologi yang dimaksud adalah, asisten virtual pribadi yang dapat kalian kontrol lewat perintah suara pemiliknya.

Raspberry Pi memang dikenal dengan konsep serta ide-idennya yang baru, lahirnya asisten virtual di komputer Raspberry Pi juga merupakan sebagai langkah Google untuk menyebarluaskan Google Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) diberbagai perangkat.

Untuk menciptakan asisten virtual pribadi yang dikontrol melalui perintah suara, mereka membuat kombinasi antara perangkat keras dan perangkat lunak tambahan. Perangkat keras itu mencangkup papan Voice HAT (Hardware Accessory on Top) yang diletakan dibagian atas bersamaan dengan mikrofon dan juga speaker. Terdapat juga sebuah tombol besar yang digunakan untuk mengajukan pertanyaan ke asisten virtual. Kalian bisa memasang perangkat keras tambahan ini di komputer mini Raspberry Pi 3, Pi 2, atau Pi Zero.

Saat ini untuk mendapatkan asisten virtual pribadi di Raspberry Pi, kalian perlu membeli The MagPi majalah resmi dari Raspberry Pi. Dengan membeli majalah ini kalian akan mendapatkan aksesoris Voice HAT yang diperlukan untuk membangun asisten virtual.

Dikutip dari The Verge, asisten virtual pribadi Google yang terdapat di Raspberry Pi dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan biasa seputar keseharian. Seperti informasi cuaca, pertanyaan mengenai penjumlahan ringan, dan skor dari pertandingan olahraga sepakbola. Bukan hanya itu, dengan penambahan perangkat Voice HAT serta penggunaan Google Assistant SDK dan Google Cloud Speech API, kalian juga bisa menambahkan bahasa alami ke komputer Raspberry Pi.



Penambahan pengolahan bahasa alami ini diperkenalkan Google dan Raspberry Pi dengan sebutan proyek AIY (Artificial Intelligence Yourself). Hal ini memungkinkan komputer Raspberry Pi dapat dikendalikan dengan cara yang mirip seperti pada Amazon Echo atau Google Home, namun tentunya dengan harga yang lebih murah.

Lebih dari 12 Juta komputer Raspberry Pi telah terjual, menciptakan tren ngoding dengan komputer mini. Angka yang besar ini membuat Google bergerak cepat dan ingin masuk ke dalam pasar baru, salah satu langkahnya menggaet Raspberry Pi sebagai mitranya.








Tampilkan Komentar