Dubai Menjadi Kota Pertama yang Punya font tipografi sendiri

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   5/02/2017 11:51:00 am
Dubai font Serhamo.net - Pemerintah Dubai hari minggu kemarin memperkenalkan 'Dubai font', font ini merupakan jenis huruf pertama yang dikembangkan Microsoft untuk sebuah kota. Dubai font hadir dalam aksara Latin dan Arab, serta akan tersedia dalam 23 bahasa.

Pada waktu peluncurannya, pangeran Mahkota Dubai Hamdan bin Mohammed al-Maktoum turut mendesak semua institusi pemerintah untuk mengadopsi font tersebut dalam korespondensi resmi. Lebih lanjut pangeran Hamdan mengatakan Dubai font mencerminkan visi dari Uni Emirat Arab "untuk menjadi pemimpin inovasi regional dan global."

Dubai font merupakan jenis font yang pertama kali dikembangkan Microsoft untuk sebuah kota, dan juga membawa nama kota untuk penamaan font-nya. Dubai font akan tersedia untuk 100 juta pengguna Office 365 di seluruh dunia.

Dubai menjadi kota dengan pusat pembelanjaan yang terbesar di Timur Tengah, pemerintah menyadari mempunyai jenis font sendiri dapat menjadi ciri-khas dari kota Dubai dan membantu memperluas daya tarik kota dengan berinvestasi dalam teknologi dan budaya.

Peluncuran Dubai font juga diramaikan oleh pengguna media sosial dengan membantu mempromosikannya lewat hastag #expressyou. Dubai font memang dipromosikan untuk menggambarkan kota Dubai yang bebas berekspresi, namun ternyata banyak yang tidak setuju dengan penggambaran kota Dubai karena tidak sesuai dengan kenyataan.

Orang-orang yang mendukung Dubai font sebagai tanda kebebasan berekspresi berpendapat bahwa ini merupakan city branding yang bagus, menandai kota sebagai yang terdepan dalam desain dan teknologi. Namun reaksi lain disuarakan oleh orang-orang yang berseberangan dengan menyoroti kontradiksi kota tersebut dan sisi gelapnya.


Tampilkan Komentar