Tonton bagaimana Pria Ini Berhasil Rakit iPhone 6s dari Spare Part Di China

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   4/13/2017 06:06:00 pm
Pria Ini Berhasil Rakit iPhone 6s
Serhamo.net - Seorang Youtuber bernama Scotty Allen belum lama ini mengupload videonya mengenai 'bagaimana cara merakit iPhone sendiri'. Belum ada 24 jam, video yang diupload ke channel Youtube Strange Parts sudah ditonton sebanyak 870.855, setidaknya untuk saat ini.

Untuk merakit iPhone, Scotty Allen membali berbagai macam spare part yang dijual di pasar Shenzhen, di China. Scotty Allen mengaku terpesona dengan pasar China, tempat ini banyak sekali menyediakan berbagai macam spare part. Scotty Allen terlebih dahulu memahami bagaimana semuanya bekerja untuk merakit iPhone sebelum akhirnya terjun langsung ke pasar spare part di China.

Dirangkum dari Phone Arena, dalam video yang berdurasi hampir 24 menit itu memperlihatkan menariknya dan begitu berkembangnya bisnis penjualan spare part tidak sah di China. Hampir semua konponen yang dipelukan untuk merakit iPhone ada di pasar itu. Dalam pembelian spare part yang nantinya akan dirakit untuk menjadi sebuah iPhone 6s,  Scotty Allen fokus pada komponen utama smartphone seperti baterai, layar, logic board dan casing belakang.

Meskipun cukup mudah untuk mendapatkan semua komponen yang diperlukan, tapi untuk merakit smartphone bukanlah mudah.  Scotty Allen menemui jalan buntu ketika harus menyolder logic board , yang berisi banyak sekali chip-chip kecil terpisah. Pada akhirnya ia membeli logic board daur ulang sebagai ganti.

Scotty Allen menghabiskan biaya sekitar 300 dollar AS atau sekitar Rp 3.9 Juta untuk membuat iPhone 6s sendiri. Namun total biaya yang ia habiskan adalah sekitar 1000 dollar AS (Rp 13.2 juta), biaya membengkak dikarenakan Allen banyak membeli beberapa bagian yang tidak diperlukan.

Scotty Allen mengatakan dua alasan mengapa dirinya tidak coba merakit iPhone 7 saja ketimbang iphone 6s. Alasan pertama, karena ia memiliki iPhone 6s asli sendiri sehingga dapat dijadikan perbandingan, kedua meskipun pasar spare part china menyediakan banyak sekali spare part, namun spare part iPhone 7 masih sangat sulit didapat di pasar china.


Tampilkan Komentar