Langkah Atasi Tool Hack dari NSA, Microsoft Lakukan Update Keamanan Windows

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   4/16/2017 06:41:00 pm
Introduce Windows 10 Serhamo.net - Masih ingat dengan kelompok hacker The Shadow Broker ? yang pertengahan tahun lalu mengklaim telah berhasil mencuri tool hacking milik Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Nama The Shadow Broker pun kian melambung ketika mereka merilis sebagian tool hack yang dibuat NSA, mereka juga memperjual-belikan tools itu ke situs underground akhir tahun 2016.

Pergerakan The Shadow Broker tidak berhenti sampai disitu, belum lama ini mereka telah merilis secara publik password dari cache hacking tools yang terenkripsi. Password ini membuka lebih banyak tool hacking elit dari NSA yang mengetahui berbagai kelemahan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP sampai Windows 8.

Aksi The Shadow Broker kali ini jelas mengancam keamanan pengguna Windows karena siapapun yang memiliki niat jahat memiliki akses ke berbagai kelemahan sistem. Beberapa peneliti keamanan juga membenarkan bahaya nyata dari tool peretasan milik NSA. Sebagai respon kejadian ini, Microsoft mengkonfirmasi telah menyediakan update patch kemanan terbaru disemua versi Windows yang masih didukung Microsoft.


Itu berarti pengguna Windows XP maupun Vista kemungkinan besarnya tidak akan mendapatkan update patch kemananan terbaru. Pengguna Windows lawas nampaknya akan jadi target empuk penjahat cyber. Beralih ke sistem operasi Windows 10 akan jadi antisipasi langkah nyata menghindari kejahatan cyber.

Edward Snowden mantan intelijen NSA dan CIA yang pernah membocorkan dokumen paling rahasia NSA ikut memberikan komentarnya terkait hal ini, ia mengatakan NSA sengaja tidak memperingati Microsoft akan adanya kelemahan sistem operasi windows, tentunya untuk dimanfaatkan guna keperluan organisasi.

NSA dan CIA sejak tahun 2013 memang menjadi sorotan yang ditudingan telah melakukan aksi memata-matai pengguna perangkat pintar diseluruh dunia. File yang dirilis The Shadow Broker menjadi salah satu bukti nyata bagaimana pekerjaan sesungguhnya yang dilakukan NSA.



Tampilkan Komentar