India Blokir Layanan Media Sosial dan Pesan Instan Selama Satu Bulan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   4/27/2017 11:39:00 pm
India People Serhamo.net - Pada hari Rabu kemarin pemerintah di Jammu & Kashmir, sebuah negara bagian di India utara, mendapatkan perintah dari India untuk mematikan 22 layanan situs sosial media dan juga aplikasi pesan instan selama satu bulan. Facebook, Twitter, Youtube maupun WhatsApp dan Skype termasuk kedalamnya.

Dilansir dari Telegraph, Bharat Sanchar Nigam yang merupakan seorang pejabat dari perusahaan telekomunikasi milik negara Kashmir mengatakan bahwa, para Engineer disini sedang berusahan untuk memblokir massal situs jejaring sosial, namun usaha ini masih terkendala dan memerlukan waktu tambahan.

Perintah pemblokiran ini diturunkan sebab pemerintah menganggap layanan media sosial sebagai pemicu memanasnya kerusuhan yang terjadi di negara bagian itu. Mengatakan bahwa layanan media sosial sering disalahgunakan oleh elemen anti-pemerintah untuk menghasut kekerasan serta memicu kerusuhan.

Bukan hanya pemblokiran media sosial saja, India juga sebenarnya telah menghentikan layanan jaringan 3G dan 4G di negara itu sejak seminggu yang lalu. Akses internet pun hanya bisa didapat melalui jaringan 2G saja. Banyak warga disana, terutama di Kota Srinagar sibuk mengunduh aplikasi di smartphone mereka guna membuka jalur akses ke situs sosial media sebelum pemblokiran media sosial datang.


Melalui media sosial, masyarakat Kashmir telah banyak menyebarkan foto juga video mengenai dampak kekerasan yang dialami akibat perselisihan yang terjadi antara India dan Pakistan. Penduduk setempat sudah sering bentrok dengan tentara India terkait berbagai isu termasuk upaya separatis. Diperkirakan puluhan ribu nyawa manusia telah hilang akibat perselisihan kedua negara tersebut.

Pemadaman internet serta pemblokiran layanan media sosial tentu tidak bisa dijadikan jalan keluar dari masalah yang ada di negara itu. Internet dan media sosial sebenarnya merupakan alat komunikasi yang sangat penting saat ini, pengurangan jalur komunikasi artinya melepas koneksi antara rakyar dan pemerintah.


Tampilkan Komentar