MWC 2017: Sony Xperia XZ Premium Raih Penghargaan 'Best New Smartphone'

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   3/05/2017 12:16:00 am
Sony Xperia XZ Premium Serhamo.net Mobile World Congress (MWC) 2017 meyisahkan kejutannya diakhir acara. Sony dengan smartphone andalan terbarunya, Xperia XZ Premiun berhasil menyabet gelar sebagai smartphone pendatang baru terbaik di ajang Mobile World Congress 2017.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam Acara penganugerahan Global Mobile Awards yang dihelat oleh GSMA Jum'at lalu. Ini tentu merupakan prestasi yang diraih Sony ditengah-tengah persaingan ketat smartphone high-end.

Meskipun tampil dengan desain yang tidak banyak berubah dengan pendahulunya, tetapi keunggulan hardware yang ditawarkan Xperia XZ Premium sangat menjanjikan. Sony Xperia XZ Premium menjadi satu-satunya smartphone yang ditenagai oleh chipset Qualcomm paling baru, yakni Snapdragon 835 SoC. Xperia XZ Premium membawa dukungan RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 yang dapat diperluas dengan microSD hingga 256 GB.

Seperti pendahulunya Z5 Premium, Xperia XZ Premium juga hadir dengan layar resolusi 4K namun yang berbeda kali ini adalah terdapatnya mode HDR, dimana kualitas gambar yang disuguhkan mengungguli Z5 Premium. Dan satu lagi yang menjadi fitur paling menarik dari Sony Xperia XZ Premium, yaitu pada kamera yang mampu merekam video slow-motion dikecepatan 960 fps, Sony menyebutnya dengan Motion Eye. Menjadikannya smartphone dengan kualitas video slow-motion terbaik saat ini. XZ Premium dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5.

Sony memang saat ini tengah mengembangkan sensor kamera smartphone yang dapat merekam video dengan kecepatan 1000 fps di resoluai 1080p, dan nampaknya teknologi tersebut memang masih belum siap disematkan pada smartphone sehingga Sony hanya menyematkan kemampuan merekam video di kecepatan 960 fps -- diresolusi 720p -- saja pada XZ Premium.

Xperia XZ Premium sendiri mengusung kamera 19 MP yang disematkan dipunggung ponsel dan kamera 13 MP dibagian depan ponsel. XZ Premium kemungkinan besar akan tersedia setelah Samsung melakukan peluncuran Galaxy S8-nya, yang dijadwalkan meluncur pada 29 Maret 2017. Untuk harga, Xperia XZ Premium diperkirakan dibanderol dengan nilai 699 dollar AS atau sekitar Rp 9.3 Juta.

Apa yang dimiliki Xperia XZ Premium memang membuatnya layak menyandang gelar "Best New Smartphone" di ajang MWC 2017. Sementara itu Samsung yang meskipun tidak ikut hadir dalam ajang tahunan tersebut, berhasil meraih penghargaan di kategori “Best Mobile Innovation for Emerging Markets” .


Tampilkan Komentar