Peneliti Ciptakan Kamera Super Cepat yang Mampu Rekam Pulsa Cahaya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   3/13/2017 04:10:00 pm
kamera menangkap gambar pergerakan cahaya Serhamo.net - Tim peneliti teknologi optik asal Washington University, Seattle, Amerika Serikat, telah berhasil menciptakan kamera super cepat yang dapat menangkap pergerakan pulsa cahaya.

Pulsa cahaya dapat menghasilkan fenomena dari penyebaran cahaya atau bisa dikatakan sebagai bayangan dari cahaya yang tertinggal. Pulsa cahaya mempunyai sifat yang sangat sulit dipahami karena tidak adanya teknologi yang dapat memantau pegerakannya itu.

Untuk dapat menangkap gambar pulsa cahaya, Jinyang Liang dan lima peneliti lainnya membuat kamera yang memiliki kemampuan menangkap gambar dengan kecepatan 100 miliar frame per detik dalam satu eksposur. Dalam pengujiannya, mereka menembakan pulsa cahaya melewati 'terowongan' yang diapit diantara dua bahan material dimana cahaya akan bergerak lebih lambat dari biasanya. Saat melewati terowongan, gelombang cahaya menyebar di dalam sumber terowongan, membias ke cermin sekitarnya yang kemudian di tangkap oleh kamera beruntun.

Dari pengujian tersebut kamera berhasil mendapatkan gambar pergerakan lurus dari pulsa cahaya yang ternyata juga bisa membentuk kerucut atau disebut sebagai Mach Cone: sama dengan ledakan sonic, hanya saja ini berbentuk cahaya. Kamera tersebut dapat menangkap tiga pandangan berbeda dari sebuah fenomena, dengan begitu peneliti dapat membuat ulang kejadian frame demi frame.

Hasil penelitian ini dimuat dalam Jurnal Science Advances edisi 20 Januari 2017 dengan judul artikel “Single-shot real-time video recording of a photonic Mach cone induced by a scattered light pulse”.  Jinyang Liang sebagai leader studi berharap, perkembangan ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan ilmu saraf.

"Kamera kami cukup cepat untuk melihat cahaya neuron dan 'live traffic' otak secara real-time, kami berharap dapat menggunakan teknologi untuk mempelajari jaringan saraf guna memahami bagaimana bagaimana otak bekerja" tulis Liang.

Tampilkan Komentar