Dokumentasi Video Uji Coba Senjata Nuklir AS Sekarang Ada Di Youtube

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   3/26/2017 08:25:00 pm
Serhamo.net - Penghancuran kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang menggunakan bom atom yang dilakukan oleh Amerika serikat, membuat negara adidaya itu dikenal sebagai pengembang pertama dari bom paling merusak ketika itu.

Runtuhnya sekutu akibat bom atom AS, tidak membuat Amerika menghentikan kegiatan peledakan bom nuklir-nya. Diketahui selama perang dingin berlangsung, AS telah melakukan uji coba peledakan nuklir sebanyak 1.030 kali. Ribuan dokumentasi pun dibuat AS guna kepentingan penelitian.

Dokomentasi mengenai uji coba senjata nuklir pada saat itu merupakan dokumen yang tergolong sangat rahasia. Namun selepas perang dingin yang berakhir di tahun 1991, AS perlahan mulai melepas label 'rahasia' pada sejumlah film uji coba peledakan nuklir, dan sekarang puluhan video uji coba nukrir yang telah disusun oleh departemen energi Amerika Serikat (LLNL) sudah bisa kalian lihat melalui YouTube.

Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) saat ini telah mengupload 64 dokumentasi uji coba nuklir yang pernah dilakukan Amerika ditahun 1950-an hingga 1960-an. Meski AS berhasil mendokumentasikan ribuan tes peledakan nuklir, namun hanya sekitar ratusan film saja yang berhasil diselamatkan.

Greg Spriggs seorang fisikawan senjata di LLNL mengatakan ia bersama timnya selama lima tahun telah memindai setidaknya 4.200 film dan sejauh ini baru hanya 750 film saja yang berhasil terselamatkan. Banyaknya gulungan film yang tidak disimpan dengan benar dan juga telah termakan waktu membuat ribuan film rusak.

Amerika serikat telah melakukan tes peledakan nuklir disejumlah tempat termasuk di Pacific Test Site, Alaska, Nevada Test Site, dan Farmington, New Mexico. Diterbitkannya dokumentasi ini ke YouTube bukan hanya ditunjukan untuk keperluan penelitian saja tetapi juga untuk mengingatkan manusia mengerikannya dampak kehancuran yang dapat ditimbulkan bom nuklir.




Tampilkan Komentar