Facezam, Aplikasi yang dapat Menemukan Profil Facebook Seseorang Menggunakan Foto

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   3/15/2017 01:12:00 am
Aplikasi Facezam Serhamo.net - Era informasi teknologi saat ini seperti berada di luar genggaman penggunanya, dimana sudah tidak ada lagi yang namanya privasi maupun anonimitas bagi pengguna. Ketika sudah masuk kedalam dunia IT tanpa perlindungan berarti, maka resiko dimatai-matai oleh beberapa pihak tidak terelakan lagi.

Lalu bagaimana jika identitas kita di dunia maya dapat dengan mudah ditemukan dan dapat dilakukan oleh siapapun ? Bukan tidak mungkin, karena sebentar lagi hal tersebut akan menjadi kenyataan. Facezam sebuah aplikasi pengenal wajah yang dapat digunakan oleh siapapun ini memungkinkan kalian untuk mengidentifikasi orang-orang asing di Facebook menggunakan sebuah gambar.

Dilansir dari Telegraph (15/03/2017) Terinspirasi dari software music recognition Shazam, Facezam dapat kalian gunakan untuk menemukan akun Facebook seseorang melalui sebuah foto. Jadi pengguna hanya tinggal mengambil foto dari orang yang ingin anda ketahui akun Faceboknya - entah itu orang yang anda temui dijalan atau dimanapun -  kemudian buka Facezam, upload fotonya lalu aplikasi tersebut akan menemukan Facebook dari orang itu. Tidak perlu menunggu lama, proses pencocokan foto dengan akun Facebook hanya memerlukan waktu hitungan detik saja!


Aplikasi yang dibuat oleh perusahaan asal Inggris ini mengklaim agar mendapatkan akun Facebook yang sesuai dengan foto, Facezam dapat men-scan miliaran foto profil dalam waktu 10 detik saja untuk mendapatkan kecocokan. Dikatakan juga hingga saat ini, aplikasi Facezam telah diuji dengan 10 ribu gambar dengan tingkat akurasi ketepatan mencapai 70 persen. Bahkan ketika kalian melakukan usaha agar tidak dapat dikenali oleh Facezam, seperti mengaburkan sedikit foto kalian, mengubah gaya rambut atau memasang kacamata, akurasi Facezam masih akan tetap tinggi yakni dengan tingkat keberhasilan 55 persen.

Aplikasi Facezam akan dirilis 21 Maret nanti di platform iOS. Jika aplikasi ini benar akan diluncurkan, maka tidak ada lagi ruang privasi sebagai pemisah dunia nyata dengan dunia maya.

"Facezam bisa menjadi akhir dari masyarakat anonim kami. Pengguna akan dapat mengidentifikasi siapa pun dalam hitungan detik, yang berarti privasi tidak akan lagi ada di masyarakat umum." kata Jack Kenyon, sang pendiri Facezam.

Namun kalian tidak perlu khawatir, pasalnya teknologi yang digunakan Facezam tidak disertai izin oleh Facebook, dan Facebook juga telah memberikan komentarnya yang menyatakan bahwa Facezam melanggar ketentuan Facebook.

Tetapi hal itu juga dibantah oleh Kenyon, Facezam dianggap tidak melanggar ketentuan Facebook.
 "Kami telah melihat ke dalam ini, dan yakin aplikasi tidak akan melanggar persyaratan Facebook" tegasnya.

Kita tunggu, apakah Facezam dapat benar-benar diresmikan atau tidak. Kebebasan diinternet saat ini sepertinya sudah mempunyai arti dan tujuan yang berbeda dari sebelumnya, atau malah mungkin ini adalah arti dari kebebasan berinternet yang sesungguhnya ?

Tampilkan Komentar