Aplikasi Pengenal Wajah FaceZam ternyata Hoax

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   3/21/2017 06:07:00 pm
Serhamo.net - Dilansir dari Telegraph (21/03/2017) Facezam, aplikasi buatan perusahaan asal Inggris yang diklaim dapat menemukan profil Facebook seseorang dengan menggunakan foto ternyata hanya tipuan.

Hal ini diungkapkan langsung melalui situs Facezam itu sendiri. Facezam ternyata hanya sebuah Hoax yang dilakukan oleh agen pemasaran viral bernama Zacozo Creative. Berita mengenai aplikasi Facezam memang cukup ramai diperbincangkan netizen barat pekan lalu, Zacozo nampaknya cukup berhasil membuat aplikasi Facezam viral.

Apa yang dilakukan Facezam bisa kita pikirkan bukan hanya aksi iseng semata, mungkin bisa jadi ini dilakukan untuk penelitian dari beberapa pihak. Seperti bagaimana respon dari kalangan netizen dengan datangnya aplikasi Facezam ke publik atau hal yang lainnya.

Sebelumnya pada 14 maret lalu Facezam mengumumkan kehadirannya yang akan meluncur pada tanggal 21 Maret. Aplikasi Facezam dikatakan dapat mencari profil Facebook seseorang dengan hanya menggunakan foto, jadi disini kalian hanya perlu mengambil foto seseorang yang ingin kalian temukan profil Facebook-nya kemudian buka aplikasi Facezam, upload, dan setelah itu Facezam akn mencarikannya.

Perusahaan mengklaim untuk mendapatkan akun Facebook yang sesuai dengan foto, Facezam men-scan miliaran foto profil Facebook dalam waktu 10 detik saja. Aplikasi ini juga disebutkan memiliki akurasi hingga 70 persen.

Facezam memang hanyalah strategi viral semata, tahukah kalian teknologi pengenal wajah mungkin sudah pernah kita gunakan ?. Facebook juga sebenarnya sudah menggunakan teknologi pengenal wajah. Bsa dilihat jika kalian mengunggah foto bersama teman di facebook maka akan muncul fitur automatically suggest tags, dan fitur tersebut cukup akurat.

Tampilkan Komentar