Video: Robot baru dari Boston Dynamics ini dapat Loncat, Berputar dan Menuruni bukit

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   2/04/2017 04:29:00 pm
Serhamo.net - Baru-baru ini muncul bocoran video dari robot baru buatan Boston Dynamics. Video yang diambil dari konferensi di Beverly Hills, California itu, diunggah oleh Steve Jurvetson, yang merupakan anggota direksi di SpaceX.

Boston Dynamics sangat terkenal dengan robot ciptaannya, salah satunya adalah robot berkaki empat SpotMini yang dapat berjalan dipermukaan tidak rata, seperti dibebatuan atau SpotMini juga dapat menaiki tangga dengan keempat kakinya sendiri.

Nah dalam video yang diunggah Steve Jurvetson, ternyata Boston Dynamics telah menciptakan robot baru yang bernama handle. Seperti namanya, robot handel ini akan ditugaskan untuk menangani benda-benda, contohnya mengangkut atau memindahkan benda.

Canggihnya lagi robot handle ini dapat melompat  dan juga mampu untuk berputar cukup kencang. Handle nampaknya akan dijadikan sebagai robot pekerja gudang, dilengkapinya kemampuan tersebut pastinya untuk menunjang aktifitas yang akan dilakukan handle di dalam gudang.

Sama seperti robot Atlas, robot handle ini mempunyai dua tangan dan dua kaki dengan posisi tegak. Namun robot handle memiliki penampilan yang agak mengerikan jika dibandingkan dengan robot Atlas. "ini adalah presentasi awal robot, yang akan mendorong mimpi buruk" kata CEO Boston Dynamics Marc Raibert.

Meskipun memiliki penampilan yang mengerikan, namun handle memiliki keseimbangan yang mengesankan, robot ini dapat menyesuaikan kecepatan dengan berat yang dipunyanya. Kalian bisa lihat dibagian pertengahan video Youtube ditautan ini, robot handle menuruni bukit lalu kembali berjalan dengan lancar.

Alasan robot handle menggunakan roda sebagai kaki adalah dengan roda gerakan robot "jadi lebih efisien" penggunaan roda juga dapat menurunkan biaya produksi, sehingga robot handle dapat dijual dengan harga lebih murah.

Di dalam presentasi di konferensi tersebut, Marc Raibert selaku founder dan CEO Boston Dynamic memperlihatkan preview dari robot SpotMini mereka dengan sistem terbaru. SpotMini ini memukau para pelaku bisnis disana, dengan kemampuannya mencuci piring dan mengantarkan minuman.

Robot handle masih belum resmi diumumkan oleh Boston Dynamics, kita tunggu bagaimana handle akan tampil resmi didepan publik nanti.


Tampilkan Komentar