Piaggio buat Robot Kargo yang Bisa Mengikuti Pemiliknya Berjalan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   2/17/2017 02:39:00 pm
Robot Koper mengikuti pemiliknya Serhamo.net - Piaggio, perusahaan Italia yang terkenal akan produksi Skuter Vespa-nya kini mulai merambah ke dunia industri robot. Melalui Piaggio Fast Forward anak perusahaan Startup dari Piaggio, telah membuat sebuah robot kargo pribadi yang bernama GIta. Robot ini difungsikan untuk membawa atau mengirim barang 'pemiliknya'.

Robot Gita berbentuk seperti tabung, memiliki tinggi 66 cm dan mampu menampung beban hingga 18 kg. Di dalamnya juga terdapat kamera yang sudah ditanamkan, hal ini diperlukan untuk mengikuti pemiliknya dan juga untuk memetakan lingkungan sekitar agar dapat berjalan mandiri dengan baik. Menggunakan ban kecil untuk dapat bergulir, Gita diklaim mampu berjalan dengan kecepatan maksimun 35 km/jam. Jadi sang pemilik tidak perlu khawatir akan ketinggalannya si Gita yang sedang mengikuti dibelakang.

Tak hanya itu, untuk keamanan Gita juga telah dilengkapi dengan fingerprint ditambah dengan kode agar dapat membukanya. Kamera dan sensor yang berada didalam juga dapat digunakan untuk melacaknya jika sewaktu-waktu robot Gita hilang.
Robot Koper mengikuti pemiliknya
Dikutip dari Techrunch (17/02/2017) Greg Lynn selaku Chief Creative Officer di Piaggio Fast Forward, membeberkan inspirasi dibalik pembuatan robot kargo Gita "Kami datang dari dunia yang serba ringan, dua dan tiga roda, skuter dan mini truk. Segala seseuatu yang kita buat adalah tentang keringanan dan kemudahan yang dibuat untuk kota padat, seperti Bangkok atau Hanoi, dimana lalu lintas merupakan masalah nyata. Kami ingin mendorong rakyat untuk bergerak lebih bebas dan mudah, bahkan dilingkungan yang padat"

Sementara itu robot kargo Gita saat ini masih belum diperjualkan. Piaggio Fast Forward berencana untuk melakukan pengembangan dan pengujian lebih dulu, untuk memastikan Gita dapat bergabung dengan baik kedunia masyarakat nanti. Pertengahan tahun nanti Piaggio akan lakukan tes percobaan robot Gita yang akan dijalankan di kampus dan kota-kota di AS.

Tampilkan Komentar